Sekolah Tatap Muka Rencananya Akan Dilaksanakan Mulai Juli 2021, 'Tergantung Kesiapan Sekolah' Ujar Disdik

Sekolah Tatap Muka Rencananya Akan Dilaksanakan Mulai Juli 2021, 'Tergantung Kesiapan Sekolah' Ujar Disdik
Ilustrasi (Suara.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 10 Maret 2021 08:58 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah telah menggulirkan rencana pembelajaran tatap muka (PTM) mulai Juli 2021. Kendati begitu, terdapat sejumlah catatan untuk pelaksanaanya, seperti vaksinasi bagi guru dan kesiapan sekolah.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan , Edy Suparjoto mengatakan, Kemendikbud mengagendakan tahun ajaran 2021-2022 dimulai di bulan Juli. Saat itu, diharapkan bisa dilakukan pembelajaran secara PTM.

Namun, dia memastikan agar ada kesiapan dari sekolah. "Pertama siap secara sarana-prasarana, di Sekolah itu wajib menyiapkan kelengkapan protokol kesehatan, seperti tempat cuci tangan, hand sanitizer, masker, wc-nya harus bersih, termasuk alat-alat kebersihan ruangan," kata dia.

FOLLOW JUGA : 



Selain sarana dan prasarana, dari sisi siswa juga mesti siap. Secara mental atau psikososialnya siap. Jika siswa tidak siap pihaknya tidak bisa memaksakan. Ketiga siap orangtuanya, orang tua paham kondisi zonasi misalnya bisa saja rumahnya hijau, sekolahnya merah. 

Selain itu, kata Edy, Guru dan Kepala Sekolah pun harus siap. Salah satunya dengan pemberian vaksin dan Kepala Sekolah siap dengan risiko yang akan diambil jika melakukan PTM. "Pemerintah melalui Dinas Kesehatan mengkoordinasikan para guru terutama di pendidikan formal targetnya sudah divaksin semua," katanya.

Untuk tahap satu penyuntikan itu sebanyak 1.339 orang. Namun di tahap awal sudah ada 20 orang sehingga menjadi 1.319 orang yang akan divaksin. 

"Sedangkan Kepala Sekolah melalui analisa, kesiapannya tadi apakah sekolahnya sudah berani atau tidak membuka (PTM), sehingga nanti pada prakteknya tidak saling menyalahkan apalagi muncul yang tidak kita inginkan klaster baru pendidikan atau sekolah," pungkasnya.

Disadur dari Sindonews.com 

Pembelajaran Tatap Muka Pandemi Covid-19 Program Vaksinasi


Loading...