Sebelum Dinyatakan Sebagai Laki - Laki, Aprilia Manganang Sempat Mengaku Canggung Ketika Berdandan

Sebelum Dinyatakan Sebagai Laki - Laki, Aprilia Manganang Sempat Mengaku Canggung Ketika Berdandan
(Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Rabu, 10 Maret 2021 08:16 WIB

Terasjabar.id - Sebelum dinyatakan laki-laki, Aprilia Manganang sempat mengaku canggung ketika berdandan.

Mantan atlet bola voli putri nasional yang juga seorang anggota TNI AD Sersan Aprilia Manganang dinyatakan sebagai laki-laki.

Jauh sebelum itu, Aprilia Manganang sudah sempat menyatakan jika ia canggung saat diminta berdandan.

Sebelum dinyatakan sebagai laki-laki, Aprilia Mangganang memang sudah aktif bertugas sebagai anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) TNI AD.

Saat bertugas sebagai Kowad itulah Aprilia Mangganang mengaku canggung saat berdandan.

Nama Aprilia Manganang sempat menjadi sorotan setelah berhasil membawa timnas voli putri Indonesia melaju hingga babak delapan besar pada Asian Games 2018.

Tim putri Indonesia mencatat prestasi terbaik di Asian Games sejak lebih dari tiga dekade terakhir dengan berada di peringkat ketujuh.

Prestasi tinggi di dunia voli membuat Aprilia mendapat tawaran langsung untuk menjalani tugas di satuan TNI. Aprilia sudah menjadi prajurit TNI AD wanita atau Kowad.

Selain prestasi yang menonjol, pemain yang berposisi sebagai spiker ini juga dikenal karena penampilan yang tomboi dibanding rekan-rekan setimnya.

Perawakan Aprilia Manganang yang terlihat seperti laki-laki rupanya bukan karena penampilan yang tomboi semata.

Aprilia Manganan.
Aprilia Manganan. (KOMPAS.COM MELALUI TRIBUN SPORT)

Aprilia Manganang diketahui merupakan laki-laki tulen setelah menjalani pemeriksaan di RSPAD Gatot Subroto sejak 3 Februari lalu.

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI, Andika Perkasa, mengatakan Aprilia mengalami kelainan yang disebut hipospadia.

"Sersan Manganang ini bukan transgender, bukan juga interseks. Tidak masuk dalam kategori itu semua," kata Andika Perkasa di Mabes AD dalam konferensi pers, Selasa (9/3/2021).

FOLLOW JUGA : 


"Saya tahu definisinya dan tim dokter pun tahu semua definisinya. Karena memang kelainan yang dialami adalah hipospadia. Jadi selalu kembalikan ke situ," imbuhnya.

Aprilia direncanakan akan melakukan operasi tepatnya corrective surgery sebanyak dua kali. Operasi pertama telah berjalan sukses.

Aprilia Manganang dan Amasya Manganang saat memperkuat timnas.
Aprilia Manganang dan Amasya Manganang saat memperkuat timnas. (Nakita.grid/Instagram Manganang)

* Canggungnya Aprilia Manganang Saat Harus Berdandan

Aprilia Manganang sempat mengaku canggung saat diwajibkan berdandan dalam sebuah acara resmi Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad).

Ia pun bercerita tentang pengalamannya ketika harus berdandan untuk acara Kowad.

Hal itu menjadi pemandangan yang tak biasa dari Aprilia. Selama ini, dia memang kerap berpenampilan tomboi layaknya seorang laki-laki.

"Pas di foto itu aku kelihatan kaku banget. Kalau anggota Kowad yang cewek kan memang wajib pakai make-up saat acara resmi. Sudah lama sekali tak berdandan seperti itu. Dulu pernah pakai gaun saat peneguhan sidi (baptis), itu pun sudah lama sekali," kata Aprilia saat ditemui KOMPAS.com di Padepokan Voli, Sentul, Kabupaten Bogor, Kamis (2/6/2017) lalu.

"Akan tetapi, namanya juga kerja. Aku disuruh pakai rok, sepatu high heels yang tingginya lima senti, dan jalan harus feminin. Aku pun sebenarnya enggak mau ngaku kalau itu aku," kata Aprilia seraya tertawa.

Saking canggungnya harus berdandan layaknya perempuan, Aprilia mengaku sampai susah tidur pada H-1 sebelum acara pelantikan.

Aprilia menghadiri acara tersebut setelah menjalani pelatihan sebagai anggota Kowad. Ia bertugas di bagian jasmani karena dianggap mempunyai prestasi di bidang olahraga.

"Bayangkan saja, aku sampai cedera ankle karena pakai sepatu high heels. Kan tahu sendiri, basic aku tuh cowok banget, lalu tiba-tiba harus berpenampilan cantik," tutur Aprilia.

Kendati demikian, Aprilia bersyukur bisa dilantik menjadi anggota Kowad. Pekerjaan tersebut merupakan jaminan masa depan jika dia berhenti berkarier di dunia voli.

Sebagai anggota Kowad, Aprilia juga memperkuat tim voli korpsnya dan berhasil menjadi juara pada turnamen Piala Kartini 2017.

"Saya ini kan enggak selamanya bermain voli. Nanti kalau sudah pensiun, setidaknya saya punya pekerjaan tetap. Orangtua juga sudah mewanti-wanti hal ini," ucap pemain yang membawa Jakarta Elektrik PLN menjadi juara Proliga 2017



Disadur dari TRibunjabar.id

Aprilia Manganang TNI AD Laki - Laki Atlet Voli hipospadia


Loading...