DPD Partai Demokrat Jabar Kirim Surat Ke Kemenkum HAM, Ngaku Kadernya Ditawari Ratusan Juta

DPD Partai Demokrat Jabar Kirim Surat Ke Kemenkum HAM, Ngaku Kadernya Ditawari Ratusan Juta
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Senin, 8 Maret 2021 13:32 WIB

Terasjabar.id - Pengurus DPD Partai Demokrat Jabar melayangkan surat ke Kanwil Kemenkum HAM Jabar berkaitan dengan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara yang menetapkan Moeldoko sebagai Ketua Umum.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Jabar, Wawan Hendrawan menerangkan, surat ke Kanwil Kemenkum HAM itu merupakan aspirasi dari seluruh pengurus DPD Jabar beserta pengurus dewan pimpinan cabang (DPC) di tiap kota dan kabupaten di Jabar.

"Dalam surat itu kami meminta agar Kemenkum HAM tidak mengesahkan pengurus Partai Demokrat hasil KLB abal-abal di Deli Serdang," ucap Wawan di Kantor DPD Partai Demokrat Jabar, Jalan Prof Sutami, Kota Bandung, Senin (8/3/2021).

Sebagai partai yang punya perwakilan di parlemen, partai yang berbadan hukum, partai yang didirikan salah satunya oleh Soesilo Bambang Yudhoyono itu punya Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) partai.

"Karena KLB itu terlaksana mengabaikan AD ART partai," ucap Wawan.

Di AD ART salah satunya mengatur soal syarat KLB. Seperti diajukan minimal 2/3 pengurus dan mendapat izin dari majelis tinggi.

"Tapi KLB ini tanpa diajukan 2/3 pengurus dan tidak mendapat persetujuan majelis tinggi.

Pihaknya tidak menampik informasi adanya pihak-pihak di Jabar yang hadir di KLN Deli Serdang itu sebanyak lima orang.

"Secara detail kami investigasi dan ada sebagian orang di Jabar ke sana dan ini kami cek dulu. Kalau ada, masih kader dan anggota Partai Demokrat, kami akan pecat. Tapi kami pastikan kalau pengurus tidak ada yang datang," ucap Wawan.

Ia juga tidak menampik ada pengurus partai di tingkat DPC yang mendapat tawaran menghadiri KLB disertai iming-iming materi. 

"Banyak dan ada DPC yang digoda, tapi kami tidak bergeming. Ada yang ditawari Rp 100 juta, Rp 125 juta sampai Rp 150 juta. Tapi semuanya tidak bergeming karena semuanya patuh ke pimpinan partai," ujarnya.

Ia menambahkan pengurus dan kader Partai Demokrat di Jabar masih mengakui Agus Harimurti Yudhoyono sebagai pemimpin partai hasil Kongres Partai Demokrat ke-5 pada 2020.

(Tribunjabar.id)


DPD Demokrat Kudeta KLB Viral AHY


Loading...