Prokes Hingga Vaksinasi Covid-19 Mampu Menurunkan Kasus Aktif Covid-19 di Kepri

Prokes Hingga Vaksinasi Covid-19 Mampu Menurunkan Kasus Aktif Covid-19 di Kepri
(Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 8 Maret 2021 10:04 WIB

Terasjabar.id - Kepala Dinas Kesehatan Mochammad Bisri mengungkapkan protokol kesehatan, faktor geografis, hingga vaksinasi mendorong penurunan kasus aktif COVID-19 di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Bisri menyebutkan perkembangan kasus COVID-19 saat ini turun drastis. Tercatat kasus aktif tersisa sekitar 153 orang (1,74 persen), sedang kasus sembuh 8.398 orang (95,74 persen) dan meninggal 221 orang (2,52 persen).

"Kondisi terkini kasus COVID-19, seperti halnya pertama kali virus itu melanda Kepri pada periode Maret-April 2020," ujar Bisri di Tanjungpinang, Minggu (7/3).

Bisri menjelaskan faktor yang memengaruhi turunnya angka COVID-19 di Kepri, pertama tingkat kepatuhan terhadap prokes oleh masyarakat di daerah ini sangat baik, bahkan terbaik kelima secara nasional.

Kedua, letak geografis Kepri yang terdiri dari 96 persen wilayah laut ternyata mampu mempersempit ruang penyebaran dan penularan virus tersebut, karena jarak antara kabupaten/kota terpisah oleh pulau-pulau.

FOLLOW JUGA : 

"Berbeda halnya dengan Pulau Jawa yang notabane wilayah daratan, sehingga penyebaran kasus lebih masif. Apalagi dari satu daerah ke daerah lain lebih banyak menggunakan bus dan mengundang kerumunan," ujarnya.

Ketiga, lanjutnya, cakupan vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan di Kepri tinggi, hal itu dibuktikan dengan hasil capaian terbaik tiga nasional.

Capaian vaksinasi tahap pertama tinggi karena distribusi vaksin lancar, bahkan antarpulau dipaksakan menggunakan pesawat, contohnya untuk Natuna dan Anambas.

Lebih lanjut, Bisri optimis jika taget 80 persen atau 1,2 juta warga Kepri divaksinasi hingga Desember 2021, maka kasus COVID-19 di daerah tersebut dapat ditekan.

"Kalau COVID-19 berhasil dikendalikan, tentu kesehatan masyarakat lebih terjamin dan ekonomi segera pulih," kata Bisri.

Disadur dari Merdeka,com 

Kepala Dinkes Prokes Provinsi Kepri Pandemi Covid-19


Loading...