Pemkot Sukabumi Menyiapkan Vaksinasi Covid-19 Untuk Para Guru dan Juga Dosen

Pemkot Sukabumi Menyiapkan Vaksinasi Covid-19 Untuk Para Guru dan Juga Dosen
Ilustrasi (Dokpim Pemkot Sukabumi Via Repjabar)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 8 Maret 2021 09:36 WIB

Terasjabar.id — Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi menyiapkan vaksinasi Covid-19 untuk para guru dan juga dosen. Rencananya vaksinasi untuk para guru dimulai pekan ini.

Guru yang akan menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 ini rencananya mulai dari tingkat PAUD hingga SMA, serta tenaga pengajar di madrasah. “Kami memprioritaskan guru sekolah dan madrasah, serta dosen, baik negeri dan swasta, untuk diberikan vaksinasi Covid-19,” kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Ahad (7/3).

Vaksinasi terhadap para guru dan dosen ini direncanakan dimulai pada Senin (8/3) ini, dan ditargetkan tuntas pada Jumat (12/3). Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Lulis Delawati, pelaksanaan vaksinasi untuk guru rencananya dilakukan di Gedung Juang 45. 

Untuk tahap awal, kata dia, dijadwalkan vaksinasi guru SD pada Senin ini, dilanjut Selasa. Kemudian pada Rabu (10/3) dijadwalkan vaksinasi untuk guru tingkat SMP. 

Selain guru dan dosen, Fahmi mengatakan, vaksinasi Covid-19 juga akan menyasar ketua RT dan RW, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat. Menurut dia, kalangan tersebut termasuk dalam sasaran prioritas vaksinasi tahap dua. Pasalnya, kata dia, mereka merupakan pelayan publik dan kegiatannya berinteraksi dengan banyak pihak, sehingga menjadi kalangan yang dinilai rentan terpapar Covid-19.

Menurut Fahmi, vaksinasi Covid-19 pun akan menyasar pegawai perbankan, pegawai BUMN/BUMD, sertai pegawai institusi vertikal, antara lain kejaksaan, pengadilan, dan pegawai Kantor Kementerian Agama. Dengan vaksinasi ini, ia mengharapkan pelayanan terhadap masyarakat bisa kembali optimal.

Pekan lalu, Pemkot Sukabumi sudah memulai vaksinasi Covid-19 untuk aparatur sipil negara (ASN). Pada Kamis (4/3), misalnya, vaksinasi digelar di Gedung Juang 45. Menurut Lulis, setiap harinya ditargetkan ada 833 ASN yang bisa disuntik vaksin Covid-19. 

Selain ASN, Pemkot Sukabumi pun memfasilitasi vaksinasi untuk jurnalis. Kalangan jurnalis disebut termasuk prioritas karena aktivitas kerjanya yang berhadapan langsung dengan masyarakat, sehingga dinilai rawan terpapar Covid-19.

Fahmi mengatakan, dalam upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Pemkot Sukabumi telah menetapkan enam posko sebagai tempat penyuntikan vaksin.

FOLLOW JUGA : 

Lokasi yang ditetapkan sebagai posko ini adalah Gedung Juang 45 Sukabumi, RSUD R Syamsuddin SH, RS Al Mulk, RS Kartika Kasih, RS Ridogalih, dan RS Assyifa. “Kami berharap, dengan dilakukan vaksinasi secara serentak di enam posko, akan semakin mempercepat pelayanan vaksinasi kepada warga,” kata dia.

Fahmi pun berharap kegiatan vaksinasi Covid-19 dapat berjalan lancar, serta sesuai dengan protokol kesehatan (prokes). Ia pun mengingatkan calon penerima vaksin Covid-19 untuk mempersiapkan diri. Seperti sarapan terlebih dulu sebelum menjalani vaksinasi. 

Pasalnya, menurut dia, berdasarkan hasil evaluasi terhadap sejumlah kasus kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI), salah satu faktornya adalah peserta vaksinasi belum sarapan.

Calon penerima vaksin Covid-19 juga disarankan untuk membawa konsumsi karena setelah vaksinasi akan diminta menunggu di lokasi selama 30 menit dalam rangka observasi. Tahap observasi ini untuk melihat ada atau tidaknya keluhan pascavaksinasi.

Fahmi mengharapkan warga yang dijadwalkan untuk vaksinasi Covid-19 ini mau ikut serta. Ia mengatakan, vaksinasi ini merupakan salah satu ikhtiar dalam upaya penanganan pandemi Covid-19. 

Setelah disuntik vaksin Covid-19, ia pun mengingatkan masyarakat agar tetap menjalankan prokes 5M. Yaitu tetap memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak fisik, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Dengan berbagai upaya ini, kata dia, diharapkan akan efektif menekan potensi penyebaran Covid-19. 

Disadur dari Republika.co.id (repjabar)

Pemkor Sukabumi Program Vaksinasi Dosen Guru


Loading...