DUPR Kabuapten Sumedang Telah Mengidentifikasi Penyebab Banjir di Kecamatan Jatinangor,Ternyata Ini Penyebabnya

DUPR Kabuapten Sumedang Telah Mengidentifikasi Penyebab Banjir di Kecamatan Jatinangor,Ternyata Ini Penyebabnya
(IStimewa Via Tribunjabar.id)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 7 Maret 2021 13:40 WIB

Terasjabar.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Sumedang telah mengindentifikasi penyebab banjir di Jalan Raya Ir Soekarno, tepatnya di depan Kampus IPDN, Kecamatan Jatinangor yang terjadi beberapa waktu lalu.

Sekretaris DPUPR Kabupaten Sumedang, Sonny Nurgahara, mengatakan, dalam mengidentifikasi penyebab banjir di kawasan tersebut pihaknya telah melakukan survey bersama tim dari UPTD PUPR.

"Kami sudah melakukan survey dalam rangka mengidentifikasi faktor penyebab banjir yang terjadi beberapa hari terakhir di Sekitar Jatinangor seperti wilayah sekitar IPDN, Depan Hotel khatulistiwa, termasuk di Daerah ITB dan lainnya," ujar Sonny saat dihubungi Tribun Jabar, Minggu (7/3/2021).

Dari hasil survey yang sudah dilakukan tersebut, kata Sonny, faktor penyebab banjir di wilayah Jatinangor yang terjadi pada Kamis (4/3/2021) itu disebabkan karena adanya beberapa faktor.

FOLLOW JUGA : 

"Di antaranya curah hujan tinggi dan Run Off Air hujan dari arah barat (Bandung) ataupun dari arah timur (IKOPIN) tidak masuk ke saluran drainase jalan," katanya.

Faktor tidak masuknya air ke saluran drainase tersebut, kata Sonny, disebabkan akibat adanya kerusakan dan penyumbatan saluran drainase di sekitar jalan nasional Bandung-Sumedang.

Ia mengatakan, untuk faktor lainnya karena volume dan dimensi saluran drainase di jalan itu tidak bisa menampung debit air hujan yang diakibatkan oleh sumbatan dari tumpukan sedimen, tanah dan sampah.

"Sedangkan untuk titik area permukaan terendah tanahnya adalah di sekitar SPBU Jatinangor," ucap Sonny.

Atas hal tersebut, area lokasi di SPBU itu menjadi wilayah yang terkena dampak banjir tersebut dengan ketinggian air 30 hingga 40 sentimeter. Namun, banjir yang menggenangi wilayah itu tidak lama, dan saat itu juga air langsung surut.



Disadur dari Tribunjabar.id

Dinas PUPR Banjir Jalan Raya Ir Soekarno Kampus IPDN Jatinangor


Loading...