Advertisement

Program Vaksinasi Covid-19, 'Jangan Ragu Vaksinasi Covid-19, Kita Berkejaran dengan Waktu' Ujar Presiden Jokowi

Program Vaksinasi Covid-19, 'Jangan Ragu Vaksinasi Covid-19, Kita Berkejaran dengan Waktu' Ujar Presiden Jokowi
(Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 7 Maret 2021 12:40 WIB

Terasjabar.id - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat untuk tak ragu mengikuti vaksinasi Covid-19. Pasalnya, vaksinasi bertujuan untuk menciptakan herd immunity (kekebalan komunal) sehingga pandemi Covid-19 dapat segera berakhir di Indonesia.

Terlebih, Jokowi menargetkan sebanyak 182 juta penduduk Indonesia harus divaksin Covid-19. Bukan hanya itu, vaksinasi di Indonesia ditargetkan rampung pada 2021.

"Jangan ragu. Kita berkejaran dengan waktu," ujar Jokowi dikutip dalam akun instagramnya @Jokowi, Minggu, (7/3).

Dia menekankan bahwa vaksin Covid-19 yang tiba di Indonesia telah teruji keamanannya. Mulai dari, pengawasan ketat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hingga lolos uji klinis di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

FOLLOW JUGA : 

"Vaksin Covid-19 ini telah melalui perjalanan panjang untuk sampai ke kita. Sudah melewati tahapan penelitian, pengujian, juga pengawasan yang ketat dari ilmuwan, WHO, BPOM, dan otoritas lain yang bertanggung-jawab," jelas Jokowi.

Adapun program vaksinasi dimulai sejak 13 Januari 2021 dan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini. Pada tahap awal, vaksinasi diprioritaskan kepada 1,5 juta tenaga kesehatan. Selanjutnya, vaksinasi Covid-19 tahap dua diberikan kepada petugas layanan publik dan orang lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun.

Adapun petugas layanan publik yang dimaksud yakni damkar, BPBD, BUMN, BUMD, BPJS, kepala atau perangkat desa. Selain petugas layanan publik dan lansia, pemerintah juga memprioritaskan vaksinasi Covid-19 pada pedagang pasar, pendidik (guru, dosen, tenaga pendidik), tokoh agama dan penyuluh pada tahap dua ini.

Kemudian, wakil rakyat, pejabat pemerintah dan ASN, petugas keamanan, petugas pariwisata, hotel, restoran, atlet dan pekerja transportasi publik. Total sasaran vaksinasi Covid-19 tahap dua mencapai 38.513.446 orang.

Sekitar 21 juta di antaranya merupakan lansia, sisanya pekerja layanan publik dan kelompok prioritas lain. Vaksinasi Covid-19 tahap dua sudah mulai dilaksanakan pada 17 Februari 2021.


Sumber: Liputan6.com

Disadur dari Merdeka.com 

Presiden Jokowi Pandemi Covid-19 Program Vaksinasi Kekebalan Komunal


Loading...