Advertisement

Tiga pohon Usia Puluhan Tahun Tumbang Digoyang Angin Kencang

Tiga pohon Usia Puluhan Tahun Tumbang Digoyang Angin Kencang
Editor: Epenz Teras Kuningan —Jumat, 5 Maret 2021 11:29 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Tiga pohon besar satu diantaranya pohon 'dangdeur' berusia puluhan tahun berlokasi di Jalan Raya Kabupaten Kuningan dan jalan Provinsi tumbang akibat diterjang hujan deras dan angin kencang yang melanda wilayah Kuningan dan Kecamatan Lebakwangi, Kamis (4/3-2021).

Ketiga pohon yang tumbang itu menurut keterangan, Kalaka BPBD Kab Kuningan Indra Bayu Permana, STTP, antara lain pohon setinggi 10 meter roboh di Jalan Raya Kabupaten depan Lapang Desa dan Kecamatan Lebakwangi yang akibatnya jalan penghubung Desa Lebakwangi – Cineumbeuy tidak bisa dilalui kendaraan.

Gambar
Menyusul pohon tumbang di Jalan Raya Provinsi di depan gedung SMK Persada Kuningan, sebuah pohon setinggi 25 meter tumbang dan menimpa pagar bangunan sekolah setempat.

Selain itu, pohon setinggi 8 meter tumbang di Jalan Raya Kabupaten Desa Langseb, Kecamatan Lebakwangi.


Sementara itu, anggota Babinsa Koramil 1512/Lebakwangi turut membersihkan reruntuhan pohon bersama warga guna kelacaran arus lalu lintas dan untuk sementara dilakukan pemadaman listrik sebagai antisifasi pengamanan, karena. masih turun hujan saat kejadian,” kata Babinsa.

Sejauh ini dikabarkan tak ada korban jiwa saat kejadian, namun beberapa bangunan rusak akibat tertimpa pohon. Tidak hanya itu, kabel Telkom dan PLN pun putus karena tertimpa pohon.

Gambar

“Pihak BPBD Kuningan yang terjun kelokasi, melakukan upaya tanggap bencana dibantu masyarakat bersama unsur Muspika, dan pihak PLN, guna membersihkan material pohon tumbang yang menghalangi jalan,” terang Indra.

Dalam upaya penanganan bencana ini, perlu adanya koordinasi Lintas Sektoral yang terlibat dalam penanganan untuk antisipasi musibah bencana alam. Salah satunya dengan melibatkan peran Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta pemerintah desa. Hal ini penting, agar dapat mengingatkan warganya untuk selalu waspada manakala terjadinya bencana alam, tegas dia. (H Aboy)

Pohon Tumbang Angin Kencang KAbupaten Kuningan Hujan Deras Kecamatan Lebakwangi BPBD


Loading...