Advertisement

Mahfud MD Sebut Karhutla Menurun 81 Persen di Tahun 2020

Mahfud MD Sebut Karhutla Menurun 81 Persen di Tahun 2020
(Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Jumat, 5 Maret 2021 10:45 WIB

Terasjabar.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan, Mahfud MD mengatakan kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah wilayah Indonesia menurun sebesar 81 persen pada 2020. Berbeda jauh dengan data 2019, titik api karhutla meningkat 80 persen.

"Di tahun 2020 ini alhamdulillah karhutla turun sebesar 81 persen. Dari (karhutala) yang terjadi pada 2019 yaitu 1.649.258 hektar. Pada tahun ini tinggal 296.942 hektar saja. Sudah sangat jauh," katanya dalam Rakornas Penanggulangan Bencana, Jumat (5/3).

Sementara pada Januari 2021, tercatat terjadi 173 kejadian karhutla di Indonesia. Karhutla tersebut tersebar di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara hingga Papua.

FOLLOW JUGA : 

Mahfud menyebut, karhutla bukan peristiwa baru di Tanah Air. Bahkan dalam sejarah, tercatat karhutla dahsyat pernah terjadi di Riau dan Kalimantan pada 1997.

"Karhutla merupakan kejadian sejak dulu dan berulang kali setiap tahun di beberapa wilayah di Indonesia," ujarnya.

Meski karhutla masih terjadi, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini memastikan pemerintah berupaya mencegah dan menanggulangi karhutla. Langkah pencegahan dan penanggulangan sudah diatur dalam Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan.

Dalam Inpres ditegaskan pejabat kementerian dan lembaga yang ditugaskan menangani karhutla harus mencegah dan menanggulangi peristiwa tersebut. Salah satu caranya, menggunakan helikopter water bombing.

"Salah satu bentuk pencegahan itu seperti yang dilakukan BNPB, TNI, Polri dan LHK yaitu dengan water bombing helikopter. Boom air dari udara, itu selain mencegah juga menangulangani (karhutla) yang sudah terlanjur membesar," ucapnya.

Disadur dari Merdeka.com 

Mahfud MD Karhutlam Tahun 2020 Bencana Alam Indonesia


Loading...