Advertisement

BPJamsostek Cabang Surabaya Rungkut Dorong Pemerintah Daerah Percepat Akuisisi Kepesertaan

BPJamsostek Cabang Surabaya Rungkut Dorong Pemerintah Daerah Percepat Akuisisi Kepesertaan
(Ist/Sindonews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 4 Maret 2021 10:44 WIB

Terasjabar.id - BPJamsostek Cabang Surabaya Rungkut menggelar Forum Group Discussion bersama perwakilan 7 Kecamatan Kota Surabaya. Tujuh kecamatan tersebut diantanya kecamatan Wonocolo, Gunung Anyar, Rungkut, Jambangan, Gayungan, Sukolilo, Tenggilis Mejoyo.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat ini bertujuan untuk meningkatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di wilayah masing-masing kecamatan.

Kepala BPJamsostek Cabang Surabaya Rungkut, Rudi Susanto, mengatakan kegiatan FGD untuk mensosialisasikan pentingnya perlindungan jaminan sosial bagi pekerja di wilayah cakupan Kecamatan. "Sinergi ini dapat menambah silahturahmi dan dapat menjalin hubungan yang harmonis dengan Pemerintah Kota Surabaya," katanya.

Lebih dari itu, BPJamsostek ingin mendorong pemerintah daerah dalam percepatan akuisisi kepesertaan Penerima Upah maupun Bukan Penerima Upah di wilayah Kecamatan. Diharapkan tenaga kerja non PNS seperti UMKM, pegawai tingkat RT, RW, Kelurahan dan kecamatan dapat terlindungi oleh BPJamsostek.

FOLLOW JUGA : 

Rudi menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI untuk memberikan perlindungan berupa program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, Jaminan Pensiun untuk tenaga kerja di Indonesia. 

Manfaat jaminan kematian, apabila peserta meninggal dunia maka ahli waris menerima santunan sebesar 42 juta. Untuk manfaat jaminan kecelakaan kerja pembiayaan ditanggung sampai sembuh sesuai kebutuhan medis. "Ada juga santunan upah selama belum mampu bekerja, santunan cacat, santunan meninggal dunia akibat kecelakaan kerja sebesar 48 kali upah, serta beasiswa bagi dua orang anak sampai dengan kuliah," ungkapnya.

Sampai dengan 3 Maret 2021, kepesertaan perusahaan aktif BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Rungkut adalah 3.866 perusahaan. Total tenaga kerja aktif untuk Penerima Upah (PU) sebanyak 128.849 tenaga kerja. "Sedangkan untuk tenaga kerja aktif yang Bukan Penerima Upah (BPU) sebanyak 13.480 . tenaga kerja dan total proyek jasa konstruksi aktif 930 proyek," pungkas Rudi.

Disadur dari Sindonews.com 

BPJamsostek Cabang Surabbaya Forum Group Discussion Pandemi Covid-19


Loading...