Advertisement

Rizal Ramli Ungkap Pernah Tolak 3 Kali Tawaran Jokowi Jadi Menko Maritim

Rizal Ramli Ungkap Pernah Tolak 3 Kali Tawaran Jokowi Jadi Menko Maritim
Suara.com
Editor: Malda Hot News —Rabu, 3 Maret 2021 13:45 WIB

Terasjabar.id - Mantan Menko Perekonomian era Gus Dur, Rizal Ramli menanggapi soal dirinya yang pernah dipecat oleh Presiden Joko Widodo. Dia menceritakan pernah mendapatkan tawaran dari Jokowi sebelumnya.

Rizal Ramli pernah dipecat dari jabatannya sebagai Menteri Bidang Kemaritiman pada saat periode Jokowi-Jusuf Kalla.


Meski demikian, Rizal Ramli justru mengaku bersyukur dan senang saat ia dicopot dari kursi menteri. Hal itu ia cuitkan melalui akun Twitter pribadinya @RamliRizal, Rabu (3/2/2021).

Rupanya, Rizal Ramli pernah ditawari menjadi Menko Maritim sebanyak tiga kali oleh Jokowi.

Baca Juga:Hasil Rapid Antigen Warga Saat Kerumunan Jokowi di NTT

"Rizal Ramli malah happy-happy aja, karena menolak tawaran Jokowi untuk mau jadi Menko Maritim 3x di Istana Bogor bulan Agustus 2015," cuitnya.

Rizal Ramli akui pernah tolak tawaran dari Jokowi. (Twitter/@RamliRizal)
Rizal Ramli akui pernah tolak tawaran dari Jokowi. (Twitter/@RamliRizal)

Hingga akhirnya, Jokowi memohon dengan Rizal Ramli. Lantas, ia pun menerima tawaran tersebut.

Namun, Rizal Ramli hanya bekerja selama 11 bulan menjadi Menko Maritim dan berakhir dipecat oleh Jokowi.

"Baru setelah JKW (Jokowi--red) minta tolong dengan sangat, Rizal Ramli oke. Tapi ternyata, Jokowi lemah, atas tekanan taipan reklamasi dan Peng-peng, Rizal Ramli dipecat. Bersyukur karena Jokowi memble," lanjutnya.

Dipecat Jokowi

Jusuf Kalla pernah menceritakan saat memberhentikan Rizal Ramli sebagai Menko Maritim.

Kisah tersebut diceritakan Jusuf Kalla melalui kanal Youtube Karni Ilyas. Awalnya, JK bercerita bahwa Jokowi memanggil Rizal Ramli ke Istana Negara untuk menyampaikan Rizal dicopot dari kabinet.

Pada saat itu, Rizal Ramli tidak terima lantaran ia harus dicopot dari jabatannya. Dia pun terus ngotot. Hingga akhirnya,  Jokowi dan JK berniat untuk mengerjai Rizal. 

Rizal Ramli ditinggal di sebuah ruangan. Maksud Jokowi dan JK meninggalkan Rizal Ramli supaya ekonom senior itu bosan dan pulang keluar Istana. Tapi Rizal tampaknya belum puas, dan masih menunggui terus Jokowi dan JK di Istana Negara.

Jokowi menjelaskan kepada Rizal pencopotan ini karena ada kebutuhan. Menurut JK, Jokowi mencopot Rizal Ramli lantaran sang ekonom dinilai tidak bisa bekerja sama dalam tim dan dengan anak buahnya.(Suara.com)

Gus Dur Joko Widodo Viral Menko Maritim


Loading...