Advertisement

Sebanyak 15 Ribu Pedagang di Pasar Tradisionl di Kota Makassar Bakal Disuntik Vaksin Covid-19

Sebanyak 15 Ribu Pedagang di Pasar Tradisionl di Kota Makassar Bakal Disuntik Vaksin Covid-19
(Sulselinfo.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 3 Maret 2021 13:13 WIB

Terasjabar.id -- Sebanyak 15 ribu pedagang di pasar tradisional di Kota Makassar bakal disuntik vaksin COVID-19 untuk menekan terjadinya penularan atau munculnya klaster baru.

Direktur Operasional Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya Saharuddin Ridwan di Makassar, Rabu mengatakan penyuntikan vaksin untuk seluruh pedagang baru akan disesuaikan waktunya."Kami baru saja melakukan rapat koordinasi dengan dinas kesehatan dan sasaran penyuntikan vaksin itu, salah satunya adalah para pedagang," ujarnya.

Ia mengatakan, hasil koordinasi dengan dinas kesehatan yang dihadiri para kepala pasar se-Makassar, terdata sekitar 15 ribu pedagang siap untuk divaksin. Saharuddin menyatakan jumlah pedagang secara keseluruhan di Makassar sebanyak 15 ribu orang ditambah 500 pegawai di PD Pasar Makassar Raya.

"Nanti kami akan lihat siapa yang divaksin. Karena belum bisa kamipastikan, seluruh pedagang bakal divaksin secara bersamaan." katanya.

FOLLOW JUGA : 

Menurutnya, sebelum divaksin, mereka terlebih dahulu di-screening, apakah mereka bisa divaksin atau tidak."Jadi sebelum divaksin, kamisosialisasi dulu kepada pedagang. Bahwa tidak serta merta langsung main vaksin. Kamiscreening dulu, apakah mereka bisa divaksin, atau tidak. Sehingga, nantinya mereka bisa paham tujuan program ini dilakukan. Dan terlebih dulu kamiedukasi ke para kepala pasar, untuk mendapatkan informasi tepat terkaitdengan vaksin," ujarnya.

Plt Kabid P2P, Dinas Kesehatan Kota Makassar dr Nursaidah juga mengatakan untuk kegiatan ini baru pada tahap koordinasi yang nantinya dilanjutkan dengan sosialisasi ke pedagang."Untuk tahap ini kamikoordinasi dulu. Mengenai kapan waktunya, kami masih menunggu data dari pihak PD Pasar. Jadi kamilakukan dulu pemetaan mana yang duluan dan kamilakukan sosialisasi di awal." ujarnya.

Menurutnya sosialisasi itu penting dilaksanakan agar pedagang tau bagaimana manfaat vaksinasi sebenarnya."Jangan sampai kalau kamitidak sosialisasi dulu, mereka pada lari karena banyaknya hoaks yang beredar. Nah ini dulu yang kamisosialisasikan," katanya.

Saharuddin menambahkan, sedikitnya ada 24 pasar yang akan disasar untuk dilakukan vaksinasi massal.


Sumber : ANtara

Disadur dari Republika.co.id

Pandemi Covid-19 Program Vaksinasi Pedagang Pasar Tradisional Kota Makassar


Loading...