Advertisement

3.768 Orang Pegawai ASN dan BUMD jalani Vaksinasi Tahap II

3.768 Orang Pegawai ASN dan BUMD jalani Vaksinasi Tahap II
Editor: Epenz Teras Kuningan —Rabu, 3 Maret 2021 11:10 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Pegawai ASN di SKPD yang akan diadakan Vaksinasi Sinovac Tahap II ditargetkan sebanyak 3.768 orang, yaitu, pegawai Perbankan, Lembaga Publik dan MUI Kuningan penyuntikan Vaksin tersebut dilaksana- kan dari beberapa UPTD Puskesmas yang telah di jadwadlkan, sejak tanggal 1 - 11 Maret 2021

Demikian disampaikank Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, dr Susi Lusiyanti, M.Si saat diwawancarai terkait pelaksanaan vaksinasi Tahap II bagi pegawai SKPD, Selasa (2/3-2021). Vaksinasi tersebut diawali pegawai, Bappenda, Inspektorat, BPBD dan Dinas Lingkungan Hidup.

Dari jumlah peserta terlihat paling banyak menerima vaksin Covid-19 Sinovac adalah dari pegawai Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian sebanyak 379 orang. Pelaksanaan vaksin tersebut dilaksanakan serentak di instansi masing-masing.

Penanganan COVID-19 kata dr Susi, ternyata sudah memasuki babak baru. Program vaksinasi jadi jurus terbaru pemerintah dalam menekan angka penyebaran. Program vaksinasi pertama sudah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dan beberapa tokoh lainnya.

Vaksin ini sudah di pastikan aman dan sudah memenuhi persyaratan, mulai dari keamanannya dan juga kehalalannya. Maka dari itu sebagai pelayanan publik harus mendukung program vaksinasi serta tidak takut untuk di vaksin.

Pemberian vaksin ini sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari Covid-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara yang terkena dampak pandemi.

Gambar

Vaksinasi atau imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin COVID-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini.

Meskipun tidak 100% bisa melindungi seseorang dari infeksi virus Corona, vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat Covid-19.

Begitu pula Vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok. Hal ini penting karena ada sebagian orang yang tidak bisa divaksin karena alasan tertentu.

Orang yang tidak dianjurkan untuk menerima vaksin atau tidak menjadi prioritas untuk vaksin Covid-19 antara lain anak-anak atau remaja berusia di bawah 18 tahun dan orang yang menderita penyakit tertentu, misalnya diabetes atau hipertensi yang tidak terkontrol.

Jadi, dengan mendapatkan vaksin Covid-19, Anda tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar Anda yang belum memiliki kekebalan terhadap virus corona., tegas Susi.

Dengan begitu, untuk menyukseskan program vaksinasi Covid-19 khususnya di Kabupaten Kuningan ditegadkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan 5 M, yaitu, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mwngurangi mobilitas, paparnya.

Jika tidak ada keperluan yang mendesak, tetaplah berada di rumah. Meski sehat dan tidak ada gejala penyakit, belum tentu Anda pulang ke rumah dengan keadaan yang masih sama, terang dia. (H WAWAN JR)

Pegawai ASN SKPD Program Vaksinasi UPTD Puskesmas Pandemi Covid-19 Tahap II


Loading...