Advertisement

BRT Bandung Raya Akan Beroperasi Mirip TransJakarta, Diharap Bisa Kurangi Macet

BRT Bandung Raya Akan Beroperasi Mirip TransJakarta, Diharap Bisa Kurangi Macet
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Rabu, 3 Maret 2021 09:47 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akhirnya akan mengembangkan sistem transportasi massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT).

Dalam proyek tersebut, pemprov menggandeng 5 kabupaten/kota yang ada di Bandung Raya.

BRT Bandung Raya ini akan beroperasi seperti TransJakarta yakni memiliki shelter dan jalur tersendiri.

Sekretaris Daerah Jabar, Setiawan Wangsaatmaja, mengatakan detail engineering design (DED) dari BRT Bandung Raya segera dibuat. 

Setiawan mengatakan, pengembangan BRT merupakan langkah yang tepat untuk mendukung pengembangan ekonomi pelayanan dasar melalui pembangunan infrastruktur perkotaan, dan memenuhi kebutuhan angkutan orang di Kawasan Perkotaan Cekungan Bandung.

"Pergerakan orang di Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang sangat luar biasa. Ada sekitar 10 juta penduduk yang bermukim di lima daerah itu," kata Setiawan dalam sambutannya.

Menurut Setiawan, dengan adanya kesepakatan bersama dan kolaborasi, pengembangan dan pengelolaan BRT akan berjalan optimal.

Ia berharap keberadaan BRT dapat mengurai kemacetan dan mengurangi polusi.

Juga meningkatkan minat masyarakat menggunakan transportasi umum. 

"Dalam pengelolaan yang sifatnya lintas itu betul-betul harus ada kerja sama dengan baik. Tidak hanya masalah transportasi, tetapi juga air bersih, sampah, dan apapun yang terkait Cekungan Bandung pastinya harus dikelola secara bersama," tuturnya. 

Dalam slide yang ditunjukkan sekilas dalam acara penandatanganan tersebut disebutkan bahwa BRT Bandung Raya akan beroperasi di ruas jalan raya layaknya TransJakarta atau Trans Jogja.

Setiap penumpang akan naik dan turun dari selter ke selter lainnya, yang terhubung di lima kota dan kabupaten di Bandung Raya. (muhamad syarif abdussalam/Tribunjabar.id)




BRT Bndung Raya Transjakarta Macet


Loading...