Sebelumnya Zona Merah, Status Zonasi Penyebaran Covid-19 di Kota Tasikmalaya Berubah

Sebelumnya Zona Merah, Status Zonasi Penyebaran Covid-19 di Kota Tasikmalaya Berubah
(Republika/Bayu Adji P : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 2 Maret 2021 13:20 WIB

Terasjabar.id -- Status zonasi penyebaran Covid-19 di Kota Tasikmalaya berubah dari sebelumnya zona merah (risiko tinggi) menjadi zona oranye (risiko sedang). Penurunan status zonasi itu dinilai karena klaster penyebaran Covid-19 di lingkungan pesantren di Kota Tasikmalaya sudah teratasi sepenuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat mengatakan, secara keseluruhan, jumlah pasien tekonfirmasi positif Covid-19 yang aktif di daerahnya sudah jauh berkurang. Itu dikarenakan ratusan santri, pengajar, dan karyawan, yang sempat positif Covid-19 sudah sepenuhnya sembuh.

"Kota Tasik alhamdulillah sudah keluar dari zona merah," kata dia saat dihubungi, Selasa (2/3).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan hingga Selasa, total kasus terkonfirmasi di Kota Tasikmalaya berjumlah 4.290 orang. Sebanyak 3.927 orang telah dinyatakan sembuh, 287 orang masih aktif, dan 76 orang meninggal dunia.

FOLLOW JUGA : 



Jumlah kasus aktif di Kota Tasikmalaya itu mengalami penurunan yang cukup signifikan dibandingkan jumlah kasus pada pekan lalu. Pada pekan lalu, tepatnya pada Rabu (24/2), total kasus aktif di Kota Tasikmalaya berjumlah 701 orang, dengan kasus secara akimulatif sebanyak 4.145 orang.

Uus mengatakan, berdasarkan perhitungan internal dinas kesehatan, Kota Tasikmalaya seharusnya sudah masuk dalam zona kuning (risiko rendah). Namun, berdasarkan informasi dari Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Provinsi Jawa Barat (Jabar), Kota Tasikmalaya berada di zona oranye.

Ia menambahkan, tingkat keterisian tempat isolasi terpusat dan rumah sakit juga mengalami penurunan. "Ruang isolasi di RSUD dr Soekardjo hanya 50 persen terisi. Sementara di RS Purbaratu ada 31 orang, 14 orang di RS Dewi Sartika, dan Hotel Crown sudah kosong dan akan direlokasi," ujar dia.

Disadur dari Republika.co.id

Pandemi Covid-19 Kota Tasikmalayam Zona Merah Zona Oranye


Loading...