Rektor Unhas Siapkan Tenaga Ahli Pengembangan Sapi Perah di Gowa

Rektor Unhas Siapkan Tenaga Ahli Pengembangan Sapi Perah di Gowa
(humas.Gowakab.go.ig : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 2 Maret 2021 09:08 WIB

Terasjabar.id - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar siap mendukung pembangunan Kabupaten Gowa,  termasuk pengembangan  di  bidang  peternakan dan pendidikan. Hal tersebut ditegaskan Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, Selasa (2/3/2021).

"Kami dari universitas siap mem-backup Pemerintah Kabupaten Gowa untuk berkembang berbasis ilmu pengetahuan. Sehingga apapun yang menjadi program Kementerian, program Pemerintah Kabupaten Gowa kami siap menjadi bagian dari tulang punggungnya," kata Prof Dwia, sapaan akrabnya.

Khusus dalam bidang peternakan dan pengembangan sapi perah, Unhas siap membantu untuk menyediakan sumber daya manusia (SDM). Pihaknya akan menyiapkan tenaga ahli untuk memberikan pendampingan kepada para peternak sapi.

"Kami akan menyiapkan tenaga ahli untuk para pekerja peternak dan kalau perlu membuat vokasi untuk terkait pengelola sapi perah disini sehingga industri ini bisa cepat beroperasi," kata Prof Dwia.

Lebih jauh, dia menjelaskan, program ini perlu mendapatkan dukungan. Menurutnya program ini sangat strategis untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Karena program ini tentu akan dapat menyerap tenaga kerja sehingga berdampak bagi kesejahteraan masyarakat.

FOLLOW JUGA : 



"Tidak saja berbicara soal produksi sapi perah, tapi kita juga berbicara sektor kesehatan untuk men-support masyarakat kita untuk dapatkan nutrisi dengan murah dan mudah sehingga meningkatkan kualitas. Dan sektor ini juga strategi untuk meningkatkan fiskal kita. Ini bisa meningkatkan ekspor dan menekan impor," jelasnya.


Dirinya meminta Dekan Fakultas Peternakan Unhas untuk mendukung secara penuh pengembangan pengolahan Sapi Perah di Kabupaten Gowa. Apalagi menurutnya, ini akan menjadi ladang bagi mahasiswa Unhas untuk praktek langsung.

"Gowa adalah bagian dari Sulsel dan Makassar. Karena sebagian besar Sumber Daya Makassar ada di Kabupaten Gowa. Kami meminta agar mahasiswa-mahasiswa harus ikut dalam segala aktivitas. Kami berharap mahasiswa kita lahir pebisnis-pebisnis ternak apalagi yang tinggal di Kabupaten Gowa," harapnya.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan kehadiran semua pihak memang dibutuhkan di era saat ini. Karena menurutnya keberhasilan suatu program ditentukan oleh sinergitas dari semua pihak, salah satunya dari akademisi.

"Akademisi hadir untuk memberikan saran dan masukan kepada pemerintah agar bisa duduk bersama-sama dalam menyusun sebuah konsep yang jelas agar kita bisa memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sinergitas adalah syarat mutlak karena tidak ada keberhasilan yang lahir dari satu tangan," tandasnya.

Disadur dari Sindonews.com 

Unhas Makassar Kabupaten Gowa Bidang Peternakan dan Pendidikan


Loading...