Kuota Belajar Gratis Siswa dan Guru Dipangkas Puluhan Giga

Kuota Belajar Gratis Siswa dan Guru Dipangkas Puluhan Giga
CNN Indonesia
Editor: Malda Hot News —Senin, 1 Maret 2021 15:08 WIB

Terasjabar.id -- 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan terjadi pengurangan besaran kuota internet gratis untuk membantu belajar jarak jauh di tengah pandemi Covid-19. Bantuan kuota tersebut mulai dikirim 11-15 Maret 2021.

"Tahun 2021 kita akan memberikan kuota dengan giga yang lebih kecil dari kuota belajar sebelumnya. Tapi kuota umum. Jadi bisa digunakan untuk seluruh laman dan aplikasi," kata Nadiem dalam acara Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2021 yang disiarkan YouTube Kemendikbud, Senin (1/3).

Subsidi kuota untuk siswa PAUD hanya 7 gigabyte (GB) per bulan, siswa pendidikan dasar dan menengah 10 GB, guru 12 GB, serta mahasiswa dan dosen masing-masing 15 GB.


Besaran kuota tahun ini berbeda jauh dengan tahun lalu. Untuk siswa PAUD bantuan kuota mencapai 20 GB per bulan, siswa pendidikan dasar dan menengah 35 GB, guru 42 GB, serta mahasiswa dan dosen masing-masing 50 GB.

Namun, Nadiem menyebut kali ini pemakaian kuota tidak lagi dibatasi. Tahun lalu setiap penerima hanya bisa memakai 5 GB kuota secara bebas, sementara sisanya dibatasi untuk aplikasi tertentu.

Kali ini, kata Nadiem, seluruh kuota bisa digunakan untuk menjelajahi situs maupun mengakses YouTube. Kebijakan ini diambil berdasarkan saran dari banyak penerima kuota pada tahun lalu.

"Jadi (kuota) bisa digunakan untuk seluruh laman dan aplikasi, kecuali aplikasi yang diblokir. Kebanyakan game dan sosmed, seperti Facebook, TikTok dan Instagram," ujarnya.

Subsidi kuota bakal dikirimkan secara otomatis ke penerima kuota yang sudah terdaftar pada 2020. Peserta didik atau pendidik yang belum menerima bantuan tersebut diminta melaporkan diri ke sekolah.

Sebelumnya, subsidi kuota pertama kali diberikan Nadiem ke peserta didik dan pendidik pada pertengahan tahun lalu untuk membantu pembelajaran daring kala pandemi Covid-19. Bantuan kuota ini bakal berjalan hingga Mei 2021.

(fey/fra/CNN)

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim Covid 19 Kuota Internet


Loading...