Kadis Kominfo Kuningan Dr Wahyu Hidayah Kembali Menorehkan prestasi

Kadis Kominfo Kuningan Dr Wahyu Hidayah Kembali Menorehkan prestasi
Editor: Epenz Teras Kuningan —Senin, 1 Maret 2021 11:38 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Kepala Dinas Kominfo Kuningan Dr Wahyu Hidayah, tampil sebagai peserta terbaik Pelatihan IT Risk Management yang diselenggarakan oleh Diskominfo Jawa Barat selama 3 hari pada tanggal 23-25 Februari 2021 di Bandung.

Pelatihan diikuti oleh 30 orang dari kabupaten/kota se-Jawa Barat dan Diskominfo Provinsi Jawa Barat. Selama tiga hari, peserta digembleng dengan materi Tata Kelola TIK, Sistem Manajemen Keamanan TIK, IT Risk Management dan Standar ISO 31000 tentang Enterprise Risk Management.

Gambar

Pelatihan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sebelum pelatihan, peserta menjalani Antigen Rapid Test SARS-Cov-2, wajib menggunakan masker dan menjaga jarak. Setiap 2 jam sekali, pada saat peserta istirahat, ruang pelatihan dilakukan sterilisasi dan penyemprotan desinfektan.

Diklat IT Risk Management merupakan Diklat Teknis Umum yang diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap pegawai dalam bidang identifikasi risiko dan pengendalian pada lingkungan sistem berbasis TIK. Pelatihan ini memberikan keterampilan yang dibutuhkan bagi manajer yang menangani manajemen risiko IT agar dapat proaktif dalam merancang kontijensi dan memiliki keyakinan dalam mengelola kejadian yang tidak terduga.

Peserta dari Kabupaten Kuningan yang diwakili oleh Kadis Kominfo Dr. Wahyu Hidayah kembali menorehkan prestasi menjadi Peserta Terbaik Pelatihan IT Risk Management, bersama 3 peserta lainnya yaitu Kadis Kominfosantik Kabupaten Cianjur, Kadis Kominfo Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis.

Wahyu saat dihubungi menuturkan bahwa, “Peran teknologi informasi (TI) bagi kita semua sudah sedemikian penting baik untuk kebutuhan pribadi, bisnis maupun pemerintahan. Oleh karena itu, insiden atau peristiwa penting dalam industri ini tentunya akan mempengaruhi aset termasuk kehilangan penerimaan dan berakibat buruk bagi nama baik lembaga. Agar tercapai tata kelola teknologi (Technology Governance) dan program kepastian (Assurance Program) maka perlu dirancang melalui kerangka manajemen resiko (IT risk management) untuk memastikan manajemen pengendalian dan resiko dapat berjalan lebih efektif”.

Gambar

Wahyu menyampaikan terima kasih kepada Kadis Kominfo Provinsi Jawa Barat, karena telah diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan IT Risk Management, selain itu juga yang terpenting adalah persetujuan dan support pimpinan dari Bupati, Wakil Bupati dan Sekda yang telah memberikan ijin untuk mengikuti pelatihan tersebut.

“Dinas Kominfo Jabar sangat konsen dengan pembangunan TIK di Jawa Barat baik dari sisi pembangunan infrastruktur, aplikasi maupun peningkatan SDM. Alhamdulillah saya diberikan kesempatan untuk mengikuti diklat teknis tersebut. Kesempatan dan amanah yang diberikan pimpinan, akan saya pergunakan sebaik-baiknya untuk berkiprah dan mencurahkan kinerja yang maksimal”, pungkas dia. (H Aboy)

Kepala Dinas Kominfo Kuningan Dr Wahyu Hidayah Prestasi Diskominfo Jawa Barat


Loading...