Advertisement

Minari Jadi Film Bahasa Asing Terbaik Golden Globe 2021

Minari Jadi Film Bahasa Asing Terbaik Golden Globe 2021
CNN Indonesia
Editor: Malda Life Style —Senin, 1 Maret 2021 11:11 WIB

Terasjabar.id -- 

Film berbahasa Korea-Inggris, Minari menjadi pemenang Film Bahasa Asing Terbaik dalam Golden Globe 2021. Sutradara Lee Isaac Chung menerima penghargaan tersebut sambil memeluk anak perempuannya.

"Minari mengisahkan keluarga yang mencoba belajar bahasa bagaimana berbicara itu sendiri. Ini lebih dalam dari bahasa Amerika dan bahasa asing manapun. Ini mengenai bahasa hati," tutur Lee Isaac Chung.

Kemenangan ini membuat Minari menambah koleksi piala ajang internasional mereka dalam beberapa bulan terakhir. Sebelumnya, film yang digarap oleh A24 dan Plan B Entertainment dari Amerika Serikat ini telah memenangkan Grand Jury Prize dan U.S Dramatic Competition Audience Award dalam Sundance Film Festival 2020.

Dalam Golden Globes 2021, Minari bersaing dengan Another Round, La Llorona, The Life Ahead, dan Two of Us dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.

Minari menceritakan sebuah keluarga Korea yang pindah ke Arkansas dan mulai bertani pada 1980-an. Film bergenre drama ini dimulai dengan kisah Jacob (Steve Yeun) dan Monica Yi (Han Ye-ri).

Jacob merupakan orang yang asli dan lahir di Korea. Ia dan Monica mencoba menetap di pedesaan Amerika pada 1980-an setelah gagal tinggal di California. Sinopsis Minari bisa dibaca di sini
Minari merupakan film yang terinspirasi dari kisah sutradara Lee Isaac Chung sendiri selaku keturunan Korea-Amerika. Minari bahkan dinilai sebagai film otobiografi yang menunjukkan perjuangan para imigran generasi pertama.

"Ketika nenek saya pindah ke Amerika, dia mulai menanam minari (peterseli air). Kami memiliki lahan pertanian, tapi nenek hanya menanam minari untuk kami. Pada akhirnya, itu menjadi satu-satunya tanaman yang tumbuh subur di lahan," cerita Lee Isaac Chung.

"Bagi saya, hal semacam itu mewakili cinta saya rasakan dari nenek saya yang dibawa dari Korea," tuturnya seperti dilansir Korea Herald.




Pada saat yang sama, Minari menjadi pusat kontroversi di AS karena Hollywood Foreign Press Association memasukkan film tersebut dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik, bukan Film Terbaik. Hal itu dilakukan HFPA karena sebagian besar dialog film Minari dalam bahasa Korea.

Namun, seperti dilansir Yonhap, banyak orang Korea-Amerika serta Asia lainnya di lingkaran hiburan AS mengeluhkan keputusan tersebut. Mereka berpendapat Minari merupakan film keluarga Amerika yang dibuat oleh sutradara dan perusahaan produksi AS.



(chri/end/CNN)

Viral Sutradara Minari Film


Loading...