Kemensos RI Minta Pemda Tiadakan Pengadaan Gedung, Maksimalkan Penanganan Bencana

Kemensos RI Minta Pemda Tiadakan Pengadaan Gedung, Maksimalkan Penanganan Bencana
(iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 1 Maret 2021 10:20 WIB

Terasjabar.id - Kementerian Sosial RI mengubah alokasi anggaran untuk pengadaan gedung guna memaksimalkan penanganan bencana. Langkah ini diambil guna merespons cepat bencana yang terjadi di Indonesia.

“Mengingat terjadi musibah bencana alam di seluruh nusantara, maka pengadaan gedung diubah untuk memaksimalkan penanganan bencana,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam keterangan tulis, Senin (1/3).

Untuk itu Pemerintah Daerah (Pemda), kata Risma, mempunyai peran strategis dalam mengatasi bencana di daerahnya masing-masing. Menurutnya, Kemensos siap dengan stok penyangga yang bisa dikirim dengan cepat ke lokasi bencana.

“Kami siapkan buffer stock yang sewaktu-waktu bisa dikirim cepat, tapi itu tergantung Pemda bisa mengatasi bencana yang terjadi. Nanti, kita lihat mampu atau tidak dan seperti apa yang dibutuhkan di lokasi bencana,” ujarnya.

FOLLOW JUGA : 

Untuk memudahkan penanganan pasca terjadi bencana, politikus PDIP itu meminta agar Pemda memiliki beberapa perlengkapan, seperti tenda dan dapur umum. Dia juga mengusulkan agar Pemda untuk sementara meniadakan pembangunan gedung.

“Diusulkan pembangunan gedung agar ditiadakan untuk memaksimalkan upaya penanganan pasca terjadi bencana alam,” tegasnya.

Dengan dukungan dapur umum, tenda, genset dan perahu, diharapkan Pemda melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) bisa mandiri sebelum Kemensos datang. Termasuk diusulkan DAK untuk pengadaan alat berat.

“Untuk penanganan pasca terjadi bencana alam, kami sudah mengusulkan untuk pengadaan alat berat, tapi soal disetujui atau tidak itu lain persoalan,” pungkasnya.

Disadur dari Merdeka.com 

Kemensos RI Penanganan Bencana Pengadaan Gedung


Loading...