Advertisement

UN Dihapus, US Jadi Syarat Kelulusan Pelajar di Jateng

UN Dihapus, US Jadi Syarat Kelulusan Pelajar di Jateng
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 1 Maret 2021 09:48 WIB

Terasjabar.id - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) akan menyelenggarakan ujian sekolah (US) sebagai salah satu syarat kelulusan siswa SMA/SMK sederajat. Nantinya, US akan digelar secara daring pada akhir Maret-April nanti.

"US nanti sebagai salah satu syarat kelulusan siswa. Jadi setiap SMA/SMK wajib menggelar. Ujiannya digelar secara daring karena masih dalam kondisi pandemi covid-19," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng, Hari Wuljanto di Semarang, Senin (1/3).

Dia mengungkapkan ujian sekolah (US) sudah menjadi salah satu syarat kelulusan siswa sejak beberapa tahun lalu. Meski perbedaannya tahun ini sekolah menyusun sendiri soal US bagi siswanya.

"Nanti soalnya guru sendiri yang menyusun. Saya rasa guru tidak akan kesulitan. Sebab, selama ini kan mereka sudah berpengalaman dalam menggelar pembelajaran jarak jauh," ungkapnya.

FOLLOW JUGA : 

Sementara itu Kepala SMAN 5 Semarang, Siswanto mengaku kebijakan sekolah membuat soal sendiri untuk US itu bisa memacu kreativitas guru dalam mengembangkan kompetensinya.

"Selama ini guru yang mendidik siswa. Mereka telah mempersiapkan proses pembelajarannya, menerapkannya, dan sekarang menilai. Guru jadi lebih memiliki kepercayaan," ujar Siswanto.

Terkait untuk persiapan US, sejak beberapa waktu lalu pihak sekolah sudah menggelar pelatihan bagi guru dalam menyusun soal US bagi siswa.

"Nanti soal-soal yang kita buat out of the box. Tidak terpaku pada pilihan ganda, tapi lebih kompleks," kata Siswanto.

Kebijakan itu diambil sebagai tindak lanjut keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim yang menghapus ujian nasional atau UN pada tahun 2021 ini.

Dalam SE Mendikbud No.1/202 disebutkan jika salah satu syarat kelulusan siswa adalah mengikuti ujian yang digelar oleh sekolah. Ujian itu bisa berupa portofolio nilai, penugasan, maupun tes baik secara luring maupun daring. 

Disadur dari Merdeka.com 

Provinsi Jateng Pandemi Covid-19 US UN SMA/SMK


Loading...