Advertisement

Deretan Pemain yang Dikaitkan dengan Persib, dari Pemain Naturalisasi, Si Bad Boy Hingga Irfan Jaya

Deretan Pemain yang Dikaitkan dengan Persib, dari Pemain Naturalisasi, Si Bad Boy Hingga Irfan Jaya
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot Persib —Senin, 1 Maret 2021 08:45 WIB

Terasjabar.id - Menghadapi Piala Menpora dan Liga 1, Persib Bandung melakukan perombakan besar-besaran.

Sejumlah pemain sudah memutuskan pergi. Ini ditambah dua pemain yang dilepas.

Hal tersebut memaksa manajemen dan pelatih mencari pemain baru.

Nama-nama pemain yang pergi adalah Kim Jeffrey Kurniawan, Fabiano Beltrame, Zulham Zamrun, Beni Oktavianto, Ghozali Siregar, dan Omid Nazari.

Hengkangnya Kim Jeffrey jadi kabar yang mengejutkan. Karena tahun lalu Robert Alberts mengandalkan pemain naturalisasi ini di lini tengah Persib.

Di tiga laga Maung Bandung musim lalu, sebelum kompetisi dihentikan karena pandemi virus corona, Kim selalu menjadi starter, meski belum mencetak gol maupun asist.

Menurut Kim, ia pergi Persib bukan karena nilai kontrak yang tak sesuai. Namun Kim ingin mencari tantangan baru setelah lima tahun berkarier di Persib.

“Ini sama sekali bukan karena uang semata. Tapi lebih ke saya melihat adanya tantangan di depan saya. Saya bisa saja gagal dengan tantangan ini, kita tak pernah tahu itu tapi saya ingin memperjuangkan kesempatan ini,” kata Kim, di Graha Persib, Jalan Sulanjana No. 17, akhir pekan lalu.

Saat ini, Kim memang belum mengumumkan di mana akan berlabuh. Hanya saja, dia memberikan sedikit bocoran bahwa klub yang dibelanya tidak sebesar Persib.

“Justru itu tantangannya. Saya tertantang, apakah bisa enggak membawa klub yang lebih kecil dari Persib bisa sukses," ucapnya.

Sambil berkaca-kaca, pemain yang baru saja menjadi seorang ayah ini berterima kasih kepada pelatih, manajemen, rekan, dan khususnya bobotoh. Baginya, bobotoh adalah alasan terbesar dirinya jatuh cinta terhadap Persib.

“Bobotoh adalah alasan saya jatuh cinta dengan Persib. Dukungan Bobotoh di saat saya terpuruk membuat saya selalu bangkit kembali. Saya tak akan bisa melupakan dan sampai kapanpun mencintai Bobotoh dan Persib," kata Kim.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengatakan kontrak Kim sudah habis per 31 Januari. Pemain yang pernah membela Persema Malang dan Pelita Bandung Raya (PBR) ini juga masuk dalam skema tim. Bahkan kontrak sudah disodorkan kepada Kim untuk ditandatangani.

"Kim kontraknya habis dan Kim memilih tantangan yang lain. Bukan karena nilai, tetapi kesempatan bermain. Silakan double check ke Kim langsung," ucap Teddy.

Perginya Kim membuat lini tengah Persib kini kian rapuh. Sebelumnya, Omid Nazari memutuskan untuk hengkang setelah sempat terikat kontrak dengan Persib.

Praktis, kini Persib hanya menyisakan Dedi Kusnandar, Gian Zola, Abdul Aziz, Beckham Putra Nugraha, dan dua pemain muda, Ardi Maulana dan Saiful.

Jika hanya untuk turnamen Piala Menpora, mungkin stok yang ada cukup memadai. Namun berbicara kompetisi Liga 1 yang menuntut konsistensi, maka perlu tambahan pemain.

Dalam beberapa hari terakhir, beredar nama-nama yang disebut-sebut akan menggantikan Kim dan Omid. Mulai dari pemain asing hingga lokal dikaitkan dengan Persib.

Berikut deretan pemain yang dikaitkan dengan Persib:

Pemain Bali United Stefano Lilipaly berhadapan dengan pemain Persib Bandung Henhen, Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jumat (26/7/2019)
Pemain Bali United Stefano Lilipaly berhadapan dengan pemain Persib Bandung Henhen, Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jumat (26/7/2019) (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

1. Stefano Lilipaly

Nama yang paling kencang terdengar saat ini adalah gelandang Bali United dan Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly. Dia disebut akan diperkenalkan Persib dalam waktu dekat.

Kontrak Stefano Lilipaly sendiri sudah habis pada 31 Desember 2020. Dia dikabarkan belum mau memperpanjang kontrak bersama tim berjuluk Serdadu Tridatu itu.

Bahkan dalam latihan Bali United yang sudah dimulai sejak 8 Februari 2021, Stefano Lilipaly belum terlihat bergabung bersama tim asuhan Stefano Cugurra Teco.

Ketika dikonfirmasi kepada pihak manajemen maupun pelatih Persib, keduanya tak memberikan jawaban. Pun dengan Stefano Lilipaly yang tak memberikan keterangan apapun perihal isunya ke Persib.

2. Rizky Pellu

Nama lain yang dikaitkan dengan Persib berikutnya adalah gelandang PSM Makassar, Rizky Pellu. Rumor ini muncul karena kedekatan Rizky Pellu dengan Robert Alberts saat masih menukangi PSM Makassar.

Teddy sempat menjawab rumor tersebut bahwa tak ada komunikasi antara pihak manajemen Persib dengan Rizky Pellu. Sehingga dia memastikan, Persib tak akan rekrut pemain Timnas Indonesia itu.

"Belum ada. Waduh yang gitu-gituan dipercaya. Yang paling akurat ofisial tim lah. Ditunggu saja lah kalau ada nanti diumumin. Belum, ya, ditunggu saja, ya," kata Teddy

Striker PSM Makassar, Ferdinand Sinaga, melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Arema FC dalam laga Pekan 22 Liga 1 di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, (30/08/2017).
Striker PSM Makassar, Ferdinand Sinaga, melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Arema FC dalam laga Pekan 22 Liga 1 di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, (30/08/2017). (SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

3. Ferdinand Sinaga

Bad boy Ferdinand Sinaga pun ikut dirumorkan akan kembali berkostum Persib. Meski kini kabarnya sudah dikontrak oleh tim dari Timor Leste, tak menutup kemungkinan dia akan kembali ke Persib.

Manajemen sendiri tidak mengiyakan maupun membantah terkait rumor Ferdinand Sinaga akan kembali ke Persib. Apalagi isu semakin kencang kala Ferdinand Sinaga melakukan live streaming bersama tim Persib beberapa waktu lalu.

"Ya pernah ngobrol kan pernah satu tim silaturahmi. Jadi dia kan pernah ngobrol karena mereka (Robert dan Ferdinand) pernah satu tim dan ada program juga sama kita di Live IG jadi ya silaturahmi lah, kan dia udah main di Timor Leste," ujar Teddy.

Penyerang Persebaya, Irfan Jaya, terpilih sebagai pemain terbaik Liga 2.
Penyerang Persebaya, Irfan Jaya, terpilih sebagai pemain terbaik Liga 2. (YouTube)

4. Irfan Jaya

Pemain yang juga dirumorkan akan didatangkan Persib adalah Irfan Jaya.

Irfan Jaya baru saja dilepas oleh Persebaya Surabaya.

Irfan Jaya yang bisa bermain sebagai sayap maupun striker diplot sebagai pengganti Zulham Zamrun.

Hanif Sjahbandi
Hanif Sjahbandi (Kolase Tribun Jabar)

5. Hanif Sjahbandi

Selain itu, ada juga Hanif Sjahbandi.

Hanif Sjahbandi dikabarkan belum memperbaharui kontraknya bersama Arema FC.

Ia diplot untuk menggantikan posisi Kim atau Omid yang memutuskan hengkang.

Nama Hanif Sjahbandi sendiri sebenarnya cukup familiar di kalangan bobotoh.

Hanif pernah berkostum Persib pada saat menimba ilmu kala masih junior

Sehingga proses adaptasinya bersama Persib tak akan terlalut sulit.

Pemain seperti Febri Hariyadi, Gian Zola, hingga Henhen Herdiana pernah bahu membahu bersama Hanif Sjahbandi mengharumkan nama Persib junior.(Tribunjabar.id)




Bandung Persib Pemain Naturalisasi Irfan Jaya


Loading...