Advertisement

Ratusan Monyet Meneror Warga di Cigugur Kuningan, Akibat Petugas Lupa Kunci Kandang Primata Itu

Ratusan Monyet Meneror Warga di Cigugur Kuningan, Akibat Petugas Lupa Kunci Kandang Primata Itu
(tribunjabar/ahmad ripal : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 28 Februari 2021 12:34 WIB

Terasjabar.id - Ratusan monyet berkeliaran dan meneror warga di Blok Gibug, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Minggu (1/3/2021).

Ternyata hal ini akibat petugas lupa mengunci kandang monyet dan sebagian lainnya karena ram kawat tempat kandang monyet jebol, lapuk dimakan usia.

Satu kandang monyet sedikitnya terdiri atas 30 ekor monyet. Adapun total kandangnya mencapai 30 unit.

Kasmin (62) warga setempat meyakini, banyaknya monyet yang berkeliaran itu karena petugas lupa mengunci kandang monyet.

"Sekarang ini banyak monyet di sekitar permukiman warga karena lepasnya monyet sewaktu di penangkaran," kata Kasmin saat memberikan keterangan kepada wartawan di lokasi penangkaran monyet daerah setempat.

Menurut Kasmin monyet lepas dari penangkaran karena petugas lupa mengunci kandang dan sebagian lagi akibat kandangnya jebol.

"Saat petugas kasih makan monyet, suka ada saja yang lupa mengunci dan monyet pun lepas' kata Kasmin.

FOLLOW JUGA :

Kemudian, lanjut Kasmin, juga akibat kandang monyet yang berlapis ram kawat mengalami rapuh dan akhirnya jebol sehingga monyet pada keluar.

Lokasi penangkaran monyet ini berada di lahan pemerintah seluas 3,5 hektare di perbukitan daerah setempat. Diketahui ada sebanyak 30 kandang monyet berukuran cukup besar.

"Setiap satu kandang itu monyet ada sekitar 30 sampai 40 ekor. Nah, kalau untuk jenis monyetnya itu saya tidak tahu," kata Kasmin.

Tempat penangkaran monyet ini dilengkapi petugas administrasi dan sejumlah pawang monyet.

Hal ini tentu memberikan kebaikan sosial lingkungan, pasalnya tenaga kerja harian di sini cukup banyak melibatkan warga setempat.

"Iya dulu monyet banyak. Ada karyawan kantor, petugas satpam dan ada juga pawang monyet. Tidak hanya itu, warga kami pun banyak yang kerja di penangkaran monyet di sini," ujarnya.

Kasmin menyebut usaha penangkaran ini tidak serta melakukan pengembangbiakan hewan primata tersebut.

Melainkan kegiatan yang dilakukan awak penangkaran disini, hanya untuk melakukan perawatan hingga masa hamil pada monyet tersebut.

"Iya setahu saya, di sini belum pernah ada monyet melahirkan. Tapi kalau monyet yang hamil itu banyak dan langsung di bawa ke daerah Bogor. Katanya sih buat kebutuhan pembuatan obat - obatan," kata Kasmin.



Disadur dari Tribunjabar.id

Monyet Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan Pandemi Covid-19 PRokes


Loading...