Begini Fenomena Hari Tanpa Bayangan di Pacitan

Begini Fenomena Hari Tanpa Bayangan di Pacitan
Detik News
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 27 Februari 2021 13:58 WIB

Terasjabar.id 

Fenomena hari tanpa bayangan juga terjadi di Pacitan. Peristiwa alam tersebut tampak mulai pukul 11.45 WIB, Sabtu (27/2/2021). Tak banyak warga yang sadar akan fenomena itu. Hanya ada beberapa anak yang tengah bermain sengaja menunggu momen tersebut.

Seperti dilihat detikcom di RT 02 RW 07 Kelurahan Ploso. Tiga bocah perempuan tampak duduk melingkar. Di tengahnya sebuah kaleng plastik berwarna putih diletakkan di jalan berlapis semen. Ketiganya lalu mengamati bayangan yang lambat laun menghilang

"Tahunya dari kakak. Tadi dibilangin katanya mau ada hari tanpa bayangan," ucap seorang anak bernama Alma (10).


hari tanpa bayangan di pacitanhari tanpa bayangan di Pacitan (Foto: Purwo Sumodiharjo)

Dua bocah lain, masing-masing Manda dan Filla juga tak kalah penasaran. Mereka bahkan sudah menata kaleng persis di atas trotoar sejak beberapa menit sebelumnya. Meski diterpa terik matahari, tak kelihatan rasa jenuh dari wajah mereka.

"Itu lihat, lihat. Bayangannya mulai hilang," teriak Filla disambut suara tawa ala anak kecil.

Kondisi tanpa bayangan juga dapat dilihat di sejumlah tempat lain di Kota 1001 Gua. Tugu Brawijaya yang berada di perbatasan Pacitan-Wonogiri, Jateng Juga tampak bersih dari bayangan hitam di semua penjuru. Tulisan 'PACITAN' di bagian depannya pun tampak lebih jelas.

Di lokasi tersebut hari tanpa bayangan terjadi selama beberapa menit. Tak hanya tugu tapal batas yang kelihatan bersih, kendaraan yang melintas wilayah antarprovinsi itu juga tak membiaskan bayangan di sekitar.

(iwd/iwd/Detik.com)

Hari Tanpa Bayangan Pacitan Fenomena Alam


Loading...