Advertisement

BMKG Mengatakan 'Waspada Hujan Sangat Lebat di Wilayah Jabodetabek Pada 26-27 Februari'

BMKG Mengatakan 'Waspada Hujan Sangat Lebat di Wilayah Jabodetabek Pada 26-27 Februari'
(istimewa Via Poskota.co.id)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 26 Februari 2021 13:18 WIB

Terasjabar.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) minta masyarakat waspada potensi hujan lebat hingga sangat lebat di wilayah Jabodetabek pada 26-27 Februari. 

Demikian disampaikan Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto di Jakarta, Jumat (26/2/2021).

Keberadaan bibit siklon tropis di Samudera Hindia selatan Jawa Barat berpengaruh pada terjadinya perlambatan dan belokan angin di sebagian besar Jawa bagian barat yang pada gilirannya dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

"Hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat dapat terjadi di beberapa wilayah Jabodetabek pada tanggal 26-27 Februari 2021 terutama pada malam hingga dini hari,"  terang Guswanto. 

Guswanto menjelaskan bahwa seluruh wilayah DKI Jakarta pada 26-27 Februari 2021 berpotensi terjadinya hujan lebat. 

FOLLOW JUGA :

Dia mengungkapkan wilayah hujan sangat lebat pada Kabupaten Bogor : Jasinga,  Cigudeg, Sukajaya , Nanggung, Cijeruk, Pamijahan, Tenjolayau, Tamansari, Leuwiliang, Leuwisadeng, Cibungbulang, Ciseeng dan Cigombong. 

Di Kab. Lebak : Curugbitung, Sajira, Cimarga, Leuwidamar, Cipanas, Subang dan Lebakgedong. Sedangkan wilayah potensi hujan lebat :  Kab. Tangerang Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan Kab. Bogor,  Kota Depok, Kab. Bekasi, Kota Bekasi dan Kota Bogor. 

"Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin, " pinta Guswanto. (johara/tri)

Disadur dari Poskota.co.id

BMKG Hujan Deras Jabodetabek Pandemi Covid-19


Loading...