Lebih Dari Seribu Anak di Jakarta Utara Alami Stunting

Lebih Dari Seribu Anak di Jakarta Utara Alami Stunting
(ist/Poskota.co.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 26 Februari 2021 09:59 WIB

Terasjabar.id –  Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara mencatat, sekitar 1.389 atau 3,35 persen dari jumlah total 41.467 anak di Jakarta Utara, mengalami stunting (kerdil).

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara Yudi Dimyati meminta masyarakat segera melaporkan petugas jika mendapati kasus stunting pada anak. Kata Yudi, laporan ini tentunya akan ditindaklanjuti agar berdampak baik pada anak tersebut.

“3, 35 persen dari 41.467 anak di Jakarta Utara mengalami stunting. Apabila menemukan kasus stunting, masyarakat bisa segera melaporkan dan membawa anak ke Puskesmas ataupun rumah sakit terdekat,” ucap Yudi, saat dihubungi, Jumat (26/02/2021).

Yudi juga memastikan, kaderisasi lintas sektor mulai dari tingkat kota, kecamatan, kelurahan, RT/RW, hingga kader kemasyarakatan berjalan untuk menemukan kasus stunting pada setiap kelurahan di Jakarta Utara.

FOLLOW JUGA :

Para kader ini secara berkolaborasi akan memberikan pendampingan hingga makanan tambahan sehingga kasus stunting yang ditemukan membaik.

“Kader lintas sektor ini akan melakukan kunjungan ke rumah warga tersebut, kemudian melakukan pendataan dan perawatan. Apabila kasus stantingnya ini memang butuh makanan atau suplai tambahan akan kami berikan,” jelasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menerangkan, pembahasan rumusan penurunan stunting ini harus melahirkan beberapa hasil.

Mulai dari penentuan lokasi yang memerlukan prioritas penanganan, penentuan jenis intervensi yang memerlukan prioritas penanganan, dan identifikasi kendala dalam manajemen layanan untuk menyasar rumah tangga, termasuk rekomendasinya.

Menurutnya, pemetaan yang baik dan tepat sasaran dapat mempercepat penanganan stunting di wilayah kota Jakarta Utara.

“Maka dari itu, kami memohon kerja sama kepada seluruh sektor terkait agar dapat segera merumuskan percepatan penanganan stunting di Jakarta Utara,” tutupnya. (yono/tri) 

Disadur dari Poskota.co.id

Dinkes Jakarta Utara Kasus Stunting Pandemi Covid-19 Jakarta Utara


Loading...