Advertisement

Presiden Jokowi Lantik Gubernur Terpilih Sumatera Barat, Kepri dan Bengkulu di Istana Negara

Presiden Jokowi Lantik Gubernur Terpilih Sumatera Barat, Kepri dan Bengkulu di Istana Negara
(Biro Pers Sekretariat Presiden Via Merdeka.com)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 25 Februari 2021 11:32 WIB

Terasjabar.id - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik tiga pasang Gubernur dan Wakil Gubernur masa jabatan 2021-2024 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (25/2). Tiga pasang kepala daerah yang dilantik diantaranya Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi-Audy Joinaldy.

Kemudian pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Kepri yakni Ansar Ahmad-Marlin Agustina. Lalu ada pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Bengkulu yang dilantik yaitu Rohidin Mersyah-Rosjonsyah.

Sebelum memulai pelantikan, tiga pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur memasuki ruang kredensial Istana Merdeka untuk menghadap Jokowi. Mereka menerima petikan surat keputusan presiden. Setelah itu, Jokowi dan Ma'ruf Amin melakukan kirab bersama dengan tiga pasang para calon kepala daerah dari Istana Merdeka menuju Istana Negara.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomer 40P/2021 Tentang Pengesahan dan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Guberur Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, 2021-204. Pelantikan pun dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan.

FOLLOW JUGA :

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya," ucap mereka serentak saat mengikuti sumpah jabatan yang dipandu Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (25/2).

"Serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," lanjut mereka.

Diketahui dalam pelantikan tersebut dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Seperti diketahui, Pilkada Serentak 2020 telah digelar pada 9 Desember 2020 di tengah situasi pandemi Covid-19. Pilkada 2020 dilaksanakan di 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Jokowi sebelumnya melantik Gubernur serta Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) dan Sulawesi Utara (Sulut) masa jabatan 2021-2024 di Istana Negara Jakarta, Senin 15 Februari 2021. Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara yang dilantik adalah Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP.

Selain itu, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara yang dilantik yakni petahana Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Kalimantan Utara dan Sulwesi Utara tercatat tidak memiliki gugatan Pilgub dalam Pilkada 2020 sehingga mereka dilantik paling awal oleh Jokowi.

Disadur dari Merdeka.com 

Presiden Jokowi Pelantikan Gubernur Sumbar Mahyeldi-Audy Joinaldy


Loading...