Advertisement

Giliran Personel Satuan Brimob Polda Banten Dites Urine, Seluruhnya Dinyatakan Negatif

Giliran Personel Satuan Brimob Polda Banten Dites Urine, Seluruhnya Dinyatakan Negatif
(ist/Poskota.co.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 25 Februari 2021 10:15 WIB

Terasjabar.id - Sejumlah personel Satuan Brimob Polda Banten menjalani tes urine dadakan di Markas Satbrimobda Banten. Pemeriksaan ini merupakan tindak lanjut buntut tertangkapnya Kapolsek Astanaanyar, Bandung, Kompol Yuni Purwanti Kusuma dan belasan anggotanya, yang diduga mengonsumsi narkoba.

Kepala Satuan Brimob Polda Banten, Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho mengatakan tes urine dilakukan sesuai instruksi Kapolri yang tertuang dalam surat telegram bernomor ST/831/II/HUK.7.1./2021 tanggal 19 Februari 2021 dan ditandatangani oleh Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri, Inspektur Jenderal Ferdy Sambo.

"Kapolri menginstruksikan kepada seluruh Kapolda untuk melaksanakan tes urine kepada semua anggota Polri di tiap satker/ satwil untuk mencegah dan mengetahui terjadinya penyalahgunaan narkoba," ungkap Dwi Yanto Nugroho, Kamis (25/2/2021).

Dwi Yanto menjelaskan pemeriksaan urine kepada anggota dilakukan secara acak. Para personel yang mendapat giliran mengambil diperkenankan memasuki toilet yang diawasi anggota Provost dan menyerahkan air seninya pada petugas kesehatan untuk dites.

FOLLOW JUGA :

"Jadi semua tahapan mulai dari pengambilan, penyerahan serta pemeriksaan urine diawasi secara ketat oleh personel Provost sehingga jika ditemukan adanya unsur narkoba tidak dapat dimanipulasi," tegasnya.

Dwi Yanto Nugroho juga menjelaskan dari hasil tes yang dilaksanakan Brimob Banten, tidak ditemukan adanya anggota yang menggunakan narkoba, setelah hasil dari tes urine tersebut seluruhnya dinyatakan negatif oleh tim kesehatan.

"Tes urine kepada anggota Brimob Banten seluruhnya dinyatakan negatif oleh tim pemeriksa," jelas Dwi Yanto Nugroho.

Dwi Yanto kembali menjelaskan bahwa dirinya selaku Dansat Brimob Banten akan melakukan pengawasan yang ketat terhadap anggotanya. Ia pun memerintahkan kepada para perwira unsur bawahnya seperti Wadansat dan para Komandan Batalyon dan Komandan Kompi untuk selalu mengawasi kegiatan anggotanya.

"Jika ada anggota yang terbukti menggunakan narkoba baik methamphetamine maupun amphetamine, maka saya selaku Dansat Brimob akan melakukan tindakan tegas yang berjenjang dengan melakukan pemeriksaan dan memberikan tindakan yang sesuai dengan prosedur yang berlaku di Satuan Brimob Polda Banten," tandasnya. (haryono/ys)

Disadur dari Poskota.co.id

Pandemi Covid-19 Tes Urine Polda Banten Markas Satbrimobda Banten


Loading...