Longsor Terjadi di Lokasi Penambangan Emas Ilegal di Kabupaten Parigi Moutong, 3 Penambang Emas Tewas 5 Hilang

Longsor Terjadi di Lokasi Penambangan Emas Ilegal di Kabupaten Parigi Moutong, 3 Penambang Emas Tewas 5 Hilang
(Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 25 Februari 2021 10:05 WIB

Terasjabar.id - Longsor terjadi di lokasi penambangan emas ilegal di Dusun Sinaa, Desa Buranga, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu (24/2) petang. Sekurangnya 26 orang penambang sempat tertimbun dalam peristiwa ini.

Data sementara dihimpun Basarnas Palu, 15 korban ditemukan selamat, 3 orang luka-luka, dan 3 dinyatakan meninggal dunia. Sementara itu 5 orang lainnya masih dalam proses pencarian.

"Kami berharap korban tertimbun longsor bisa segera dievakuasi. Mudah-mudahan semua dalam keadaan baik. Laporan kami terima, Tim SAR terus berupaya melakukan kegiatan evakuasi," kata pejabat Humas Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan Palu, Fatmawati, yang dihubungi Antara di Palu, Kamis (25/2).

FOLLOW JUGA :

Sekurangnya 36 orang dari berbagai unsur SAR dilibatkan dalam operasi pencarian korban tertimbun longsor di lokasi penambangan emas tanpa izin itu. "Di lokasi longsor sudah ada tim kami dari Pos SAR Parigi dan personel Kantor SAR Palu bersama unsur SAR lainnya yang terhimpun dalam tim gabungan termasuk TNI/Polri," kata Fatmawati.

Personel Basarnas dikerahkan ke lokasi tambang di Desa Buranga pada Rabu (24/2) Pukul 21.20 WITA setelah menerima laporan masyarakat. Peristiwa longsor terjadi sekitar pukul 18.00 Wita. Lokasinya berjarak sekitar 52 kilometer dari Kota Parigi, ibu kota Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Parigi Moutong, alat-alat berat dikerahkan untuk melakukan evakuasi. Korban yang berhasil dievakuasi telah dilarikan ke pusat pelayanan kesehatan masyarakat (puskesmas) setempat untuk mendapatkan perawatan medis.

"Satu per satu korban dievakuasi dari timbunan material longsor menggunakan ekskavator," kata Arifin, salah seorang staf Pemerintah Kecamatan Ampibabo saat berada di lokasi tambang.

Disadur dari Merdeka.com 

Longsor Kabupaten Parigi Moutong Sulteng Penambangan Emas Ilegal


Loading...