Pandemi Covid-19, PPKM Berdampak Positif Pada Penurunan Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia

Pandemi Covid-19, PPKM Berdampak Positif Pada Penurunan Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia
(Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 24 Februari 2021 11:11 WIB

Terasjabar.id – Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tingkat kabupaten/kota Pulau Jawa - Bali sudah memasuki tahap 3, bersamaan dengan penerapan PPKM mikro tingkat RT/RW.

"Penerapan PPKM  secara umum,  sudah menunjukkan hasil pada empat indikator yang ditetapkan yakni kasus aktif menurun, kesembuhan meningkat meskipun kematian sedikit menurun, serta keterisian tempat tidur pasien pun menurun,"  terang Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, Selasa sore (23/2/2021) di Graha BNPB, Selasa (23/2/2021), yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Ada 7 provinsi yang menerapkannya yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Bali, DI Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Perkembangan kasus aktif secara umum masih fluktuasi, dimana rata-rata baru menunjukkan penurunan pada periode PPKM tahap ketiga," kata Wiku. 

FOLLOW JUGA :

Secara per provinsi, tren menurun PPKM tahap 3 atau minggu kelima terlihat di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Bali dan DI Yogyakarta.

Khusus Jawa Timur tren menurun sudah terlihat sejak PPKM tahap 2. Namun di Jawa Tengah trennya terlihat fluktuatif dan cenderung meningkat. Bahkan hal ini terlihat sejak PPKM tahap 1. 

Meski demikian, pelaksanaan PPKM berdampak positif pada perkembangan kasus aktif sebagian besar wilayah Jawa - Bali.

"Dampak positif yang sudah mulai terlihat seharusnya menjadi motivasi untuk terus menekan laju penularan, serta meningkatkan pelayanan kesehatan untuk pasien positif, sehingga kasus aktif dapat segera menurun," lanjutnya. 

Dia mengatakan dampak positif juga terlihat pada perkembangan tren kesembuhan yang terus meningkat. Terjadi pada DKI Jakarta, Bali dan Jawa Timur yang trennya meningkat pada saat memasuki PPKM tahap 3.

DI Yogyakarta dan Banten, malah terlihat lebih awal yaitu saat memasuki PPKM tahap 2. Namun, di Jawa Tengah cenderung datar bahkan sedikit menunjukkan penurunan pada PPKM tahap 3.  (johara/tri)

Disadur dari Poskota.co.id

PPJM Pandemi Covid-19 Pulau Jawa-Bali PRokes


Loading...