Gunung Merapi Dikabarkan Luncurkan Awan Panas dan Lava Pijar ke Arah Barat Daya Atau Hulu Kali Krasak dan Boyong

Gunung Merapi Dikabarkan Luncurkan Awan Panas dan Lava Pijar ke Arah Barat Daya Atau Hulu Kali Krasak dan Boyong
(BPPTKG Via Merdeka.com)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 24 Februari 2021 09:38 WIB

Terasjabar.id - Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah selama periode pengamatan Rabu (24/2) pukul 00.00 sampai 06.00 WIB mengeluarkan awan panas guguran dan lava pijar. Material vulkanik itu meluncur ke arah barat daya atau hulu Kali Krasak dan Boyong.

Menurut pengamatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), awan panas guguran Gunung Merapi pada periode itu diperkirakan meluncur sejauh 800 meter dan lava pijarnya meluncur sejauh 700 meter.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam keterangan persnya mengatakan bahwa Gunung Merapi pada pukul 06.31 WIB mengeluarkan awan panas guguran dengan amplitudo 31 mm dan durasi 88 detik. "Tinggi kolom tak teramati karena puncak berkabut," kata Hanik.

FOLLOW JUGA :

Selama pengamatan, gunung api aktif itu juga terdeteksi mengalami 39 gempa guguran dengan amplitudo 4 sampai 30 milimeter. Durasinya 11 sampai 121 detik.

BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga. Guguran lava dan awan panas gunung api ini diperkirakan bisa berdampak ke wilayah sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Saat terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi diperkirakan dapat menjangkau daerah dalam radius 3 kilometer dari puncak gunung.

Disadur dari Merdeka.com 

Gunung Merapi Pandemi Covid-19 BPPTKG Prokes Awan Panas Guguran Lava Pijar


Loading...