Sandiaga Uno Dukung Pembangunan Bandung Freedom Park, Ada Patung Raksasa Soekarno, di Sini Lokasinya

Sandiaga Uno Dukung Pembangunan Bandung Freedom Park, Ada Patung Raksasa Soekarno, di Sini Lokasinya
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Bandung —Selasa, 23 Februari 2021 09:29 WIB

Terasjabar.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penuh pembangunan Bandung Freedom Park.

Bandung Freedom Park adalah tempat yang digagas oleh seniman kondang I Nyoman Nuarta.

Di tempat ini, selain bisa menumbukan ekonomi kreatif nantinya ada patung raksasa Soekarno, Sang Proklamator.

Bandung Freedom Park bisa menjadi destinasi wisata baru hingga berpotensi menumbuhkan ekonomi kreatif serta menyerap banyak lapangan kerja,

Dukungan ini dikatakan Sandiaga Uno saat berdiskusi dengan I Nyoman Nuarta di Museum Nyoman Nuarta, Jalan Setra Duta Hegar, Ciwaruga, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (22/2/2021).

Sandiaga Uno mengaku antusias ketika pelopor gerakan seni rupa baru itu menyampaikan Bandung Freedom Park akan menjadi destinasi baru di Bandung.

Sandiagao Uno saat bertemu dengan I Nyoman Nuarta.
Sandiagao Uno saat bertemu dengan I Nyoman Nuarta. (Istimewa)

Terlebih, kawasan yang termasuk dalam Pengembangan Kawasan Kota Walini Raya itu akan menghadirkan Patung Raksasa Sang Proklamator, Soekarno.

Patung Bung Karno itu pun disebut tidak kalah dengan mahakarya I Nyoman Nuarta lainnya, seperti Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Badung, Bali, Monumen Jalesveva Jayamahe di Surabaya, maupun Monumen Proklamasi Indonesia di DKI Jakarta.

"Ini gagasan yang besar, butuh keberanian. Karena bangsa yang besar ini butuh karya-karya yang besar," ucap Sandiaga Uno mengutip pernyataan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ketika meresmikan GWK pada Sabtu (22/9/2018).

"Kita lihat visi Bapak 28 tahun sampai 30 tahun. GWK, sekarang saya lihat dari kantor saya, kebetulan kantor saya sekarang ini di Poltek (Politeknik Pariwisata Bali) Pak. Dan itu jadi sebuah ikon, monumen yang tentu akan menjadi kenangan bagi generasi mendatang," ujarnya dalam rilis yang diterima Tribun Jabar.

Merujuk sejumlah mahakarya I Nyoman Nuarta, Sandiaga Uno mendukung penuh pembangunan Bandung Freedom Park yang terintegrasi dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung .

Mengingat, Kota Walini Raya yang merupakan salah satu Kawasan Transit Oriented Development (TOD) yang dikembangkan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) itu merupakan bentuk kolaborasi dari berbagai pihak.

Di antaranya Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian perhubungan hingga Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemnkomarves) Republik Indonesia bersama pihak swasta.

"(Pembangunan) di Jawa Barat tentunya kita dukung, dan kita perlu ikon ya, karena itu project besar juga, kereta cepat pertama bagi Indonesia, mungkin akan makan waktu beberapa waktu ke depan," ungkap Sandiaga Uno.

"Saya sepakat, saya ini dulu, kan, pengusaha juga, kalau proyek enggak jalan-jalan ya uangnya juga enggak jalan. Kita dukung Pak, kita dukung," ujarnya menegaskan.

Sandiaga Uno pun berharap agar kawasan yang berlokasi di lembah berbukit di Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat itu dapat segera terealisasi.

Karena diyakininya, Bandung Freedom Park dapat memacu geliat pariwisata maupun ekonomi kreatif yang berujung terciptanya banyak lapangan kerja.

"Jadi, bukan hanya keretanya yang cepat, tapi pembangunan Bandung Fredom Park juga cepat," kata Sandiaga Uno.

(Tribunjabar.id)


Sandiaga Uno Bandung Freedom Park Soekarno


Loading...