Advertisement

Pemda DIY Akan Memulai Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahap II Pada 1 Maret, Akan Dilakukan Secara Massal Dengan Menyasar Pelaku Usaha Pariwisata

Pemda DIY Akan Memulai Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahap II Pada 1 Maret, Akan Dilakukan Secara Massal Dengan Menyasar Pelaku Usaha Pariwisata
(iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 22 Februari 2021 14:18 WIB

Terasjabar.id -- Pemerintah Daerah (Pemda) DIY akan memulai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap dua pada 1 Maret 2021 nanti. Vaksinasi ini akan dilakukan secara massal dengan menyasar pelaku usaha pariwisata sebagai dimulainya (kick off) vaksinasi tahap kedua.

Vaksinasi ini akan dimulai di tiga titik Kota Yogyakarta, mulai dari Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Taman Parkir Abu Bakar Ali. Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, semua pelaku usaha di tiga tempat tersebut akan divaksinasi.

"Tidak hanya pedagang pasar, tapi PKL terus pelayan toko. Beringharjo keseluruhan pedang los," kata Sultan, Ahad (21/2).

Vaksinasi di tiga tempat ini direncanakan selama empat hari. Setidaknya, 19.897 pelaku usaha yang disasar untuk divaksinasi pada 1 Maret nanti."Mungkin empat hari pelaksanaan, 1-4 Maret," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembayun Setyaningastutie mengatakan, di Beringharjo ada 8.144 pelaku usaha yang disasar. Sementara, di Benteng Vredeburg ada 2.600 pelaku usaha yang akan divaksin. 

Di Taman Parkir Abu Bakar Ali mencapai 9.153 pelaku usaha yang akan disasar. "DIY akan dapat sekitar 21 ribu vaksin yang multi dose. Jadi satu botol itu untuk 10 orang," kata Pembayun.

FOLLOW JUGA : 

Pembayun menyebut, dilibatkan 280 tenaga kesehatan dalam program vaksinasi di tiga titik tersebut. Baik itu dokter, perawat dan vaksinator.

Di Beringharjo, katanya, vaksinasi massal ini akan dilakukan oleh enam tim. Sedangkan, vaksinasi di Benteng Vredeburg dan Abu Bakar Ali akan dilakukan oleh masing-masingnya tujuh tim.

"Dengan dua kali shift, satu hari itu ada 280 orang," ujar Pembayun.

Setelah dilakukannya kick off vaksinasi tahap dua di tiga titik tersebut, maka akan dilanjutkan oleh kabupaten lainnya. Pembayun menuturkan, pelaksanaan vaksinasi nantinya akan diserahkan ke masing-masing kabupaten di DIY.

"Diserahkan ke kabupaten kalau di pasar-pasar lain. Ini seperti kick off yang dimulai dari tiga kawasan itu.

Dari 21 ribu vaksin multidose, jadi (bisa untuk) 210.000 orang. Itu jelas untuk kabupaten/kota (di DIY) juga," jelasnya.

Vaksinasi di tahap kedua ini juga diprioritaskan untuk lansia. Namun, vaksinasi lansia ini baru akan dilakukan di Kota Yogyakarta.

"Hanya saja untuk lansia diprioritaskan yang ibu kota provinsi dulu sesuai instruksi pusat," katanya.

Disadur dari Republika.co.id

Pemda DIY Pandemi Covid-19 Program Vaksinasi Prokes Pelaku Usaha


Loading...