Berikut Daftar Makanan Ini Bisa Bantu Anda Mengatur Gula Darah di Rumah

Berikut Daftar Makanan Ini Bisa Bantu Anda Mengatur Gula Darah di Rumah
Ilustrasi (Grid.id : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Senin, 22 Februari 2021 13:03 WIB

Terasjabar.id - Penderita diabetes harus tahu ini. Yaitu mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik (GI) yang rendah karena dapat mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Diabetes merupakan penyakit yang berhubungan dengan gula darah karena kondisi inilah yang menyebabkan ketidakseimbangan kadar gula dalam tubuh. Ketika tingkat gula dalam tubuh tinggi dan melebihi dalam jumlah normal, kondisi tersebut dikenal sebagai hiperglikemia dan merupakan indikator diabetes.

FOLLOW JUGA : 



Para ahli memperingatkan jika seseorang terus-menerus berada dalam kondisi kadar gula darah yang tidak seimbang dapat membuat orang itu mengalami ketoasidosis diabetik (DKA). Karenanya, sangat penting untuk mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik (GI) yang rendah karena dapat mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Berikut adalah daftar makanan yang dapat membantu Anda menurunkan kadar gula darah secara alami, seperti dilansir dari laman Times Now News.

1. Kacang
Kacang adalah sumber serat, protein, asam lemak tak jenuh, antioksidan, dan memiliki angka GI rendah sehingga menjadikan kacang pilihan makanan yang baik bagi penderita diabetes. Anda bisa konsumsi kacang tanah atau kacang mete.

2. Biji-bijian Utuh
Makanan ini kaya akan serat, nutrisi, dan fitokimia. Selain itu biji-bijian utuh seperti gandum juga bisa sangat efektif menjaga kadar gula dalam darah.

3. Yoghurt
Angka GI pada yoghurt cukup rendah, yaitu hanya 50 atau kurang. Yogurt tanpa pemanis adalah makanan paling efektif dan bisa menjadi pilihan sehari-hari bagi orang yang menderita diabetes.

4. Bawang Putih
Bawang putih bisa efektif untuk penderita diabetes karena mampu mengurangi kadar gula dalam darah serta meningkatkan sekresi dan sensitivitas insulin.

5. Telur
Telur adalah sumber protein alami dan dapat membantu mengurangi keinginan makanan secara berlebih.

Disadur dari Sindonews.com 

Diabetes Makanan Kadar Gula Indeks Glikemik


Loading...