Advertisement

Video Viral Robot NASA di Mars Ternyata Palsu

Video Viral Robot NASA di Mars Ternyata Palsu
Detik News
Editor: Malda Berita Viral —Senin, 22 Februari 2021 10:33 WIB

Terasjabar.id - 

Robot penjelajah atau rover Perseverance milik NASA baru menghabiskan beberapa hari di Mars dan belum banyak melakukan aktivitas. Tapi video yang viral di Twitter menampilkan cerita lain.

Seperti video di bawah ini yang telah ditonton lebih dari 25 juta kali dan di-retweet lebih dari 93 ribu kali. Cuitan yang diunggah pengguna Twitter ini mengklaim video tersebut menampilkan rekaman gambar dan suara dari Planet Mars yang diambil oleh rover Perseverance

Padahal video tersebut merupakan rekaman yang diambil oleh rover Curiosity milik NASA. Rover ini mendarat di Mars tahun 2012 dan telah menjelajahi Mars sejauh 24 km.



Suara yang ada di video tersebut juga palsu dan tidak terkait dengan video yang diambil karena Curiosity tidak dibekali dengan mikrofon yang bisa menangkap suara di daratan Mars.

Saat ini Perseverance adalah satu-satunya rover NASA yang dilengkapi dengan mikrofon. Tapi fitur tersebut masih belum diaktifkan dan datanya belum dikirimkan ke Bumi.

Selain itu, ada beberapa tanda lainnya yang menunjukkan bahwa video ini tidak diambil oleh rover Perseverance. Pertama, NASA belum menginstruksikan Perseverance untuk bergerak ke manapun, sementara video tersebut memperlihatkan jejak roda yang panjang.

NASA juga belum menginstruksikan robot penjelajah ini untuk mengangkat tiang yang membawa kamera berdefinisi tinggi yang digunakan untuk mengambil gambar seperti di video tersebut, seperti dikutip dari Mashable, Senin (22/2/2021).

Video yang direkam oleh Curiosity tersebut juga terlihat diambil dari bukit yang cukup tinggi. Sedangkan Perseverance mendarat di kawah di dekat delta sungai purba yang diyakini NASA pernah dialiri air.

Terakhir, di bagian akhir video bisa dilihat tulisan 'Curiosity' di sisi kiri bawah video.

Sejauh ini, NASA baru membagikan tiga foto yang diambil Perseverance di permukaan Mars, yang terdiri dari dua foto hitam putih dan satu foto berwarna.

Sementara itu, NASA baru akan membagikan video pertama yang direkam Perseverance saat momen pendaratannya pada Senin (22/2) pukul 14.00 waktu Amerika Serikat bagian timur.(Detik)

NASA Viral Robot Palsu


Loading...