Dukung Pembangunan Jabar Wilayah Utara, Jasa Sarana Genjot Produksi Tambang Sirtu

Dukung Pembangunan Jabar Wilayah Utara, Jasa Sarana Genjot Produksi Tambang Sirtu
(Ist/Sindonews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 22 Februari 2021 08:44 WIB

Terasjabar.id - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa Barat , PT Jasa Sarana menggenjot produksi tambang pasir batu (sirtu) sebagai wujud dukungan terhadap pembangunan di wilayah utara Provinsi Jabar.

Direktur Utama PT Jasa Sarana, Hanif Mantiq mengatakan, sejak akhir 2020, pihaknya intens mengelola bisnis tambang yang diyakini bisa menjadi salah satu sektor andalan bagi korposasi.

Menguasai lahan seluas 20 hektare di kawasan Paseh, Kabupaten Sumedang, pihaknya kini tengah menggenjot produksi tambang sirtu di kawasan tersebut. "Demand-nya tinggi, untuk permintaan ritel saja setiap hari bisa lebih dari 50 truk dilayani," ungkap Hanif, Senin (22/2/2021).

Menurutnya, selain dikelola untuk memenuhi kebutuhan permintaan ritel bahan bangunan atau para pengembang perumahan, tambang sirtu Paseh juga disiapkan untuk mendukung program pembangunan infrastruktur strategis di wilayah Utara Jabar.

Sejumlah infrastruktur strategis tersebut, di antaranya Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Pelabuhan Patimban, hingga pengembangan kawasan metropolitan Rebana.

"Tujuan kami men-support pembangunan yang tengah digenjot oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Paseh baru kita garap intens Desember 2020 lalu, targetnya bisa produksi 30.000-50.000 meter kubik per bulan. Pangsa pasar tinggi sekali, sementara lokasi pasir batu saat ini sudah terbatas, kebetulan posisi kita strategis untuk menunjang pembangunan di utara Jawa Barat, papar Hanif.

FOLLOW JUGA : 



Hanif juga memastikan meski melakukan eskplorasi sirtu, pihaknya tetap mengutamakan aspek lingkungan. "Aspek lingkungan pun menjadi konsen kami. Nantinya, area tambang akan kami padukan dengan konsep pertambangan berwawasan lingkungan," katanya.


Diketahui, kawasan utara Jabar sendiri kimia dengan menjadi fokus pembangunan, seperti rencana pembangunan kawasan metropolitan Rebana di utara/timur laut Provinsi Jabar yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

Sebagai jantung pertumbuhan kawasan ini, ada Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang dan Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka yang berfungsi sebagai pusat konektivitas dan logistik.

Metropolitan Rebana bahkan diproyeksikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi Jabar melalui pengembangan kawasan industri yang terintegrasi, inovatif, kolaboratif, berdaya saing tinggi, dan berkelanjutan. Dengan 13 kota baru, Metropolitan Rebana diproyeksikan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga 5 persen dan menghadirkan 4,3 juta lapangan kerja di 2030.

Disadur dari Sindonews.com 

BUMD Provinsi Jabar PT Jasa Sarana Tambang Pasir Batu Wilayah Utara


Loading...