Musim Hujan, BMKG Imbau Warga Banten Waspada Hujan Lebat Berpotensi Merusak Rumah

Musim Hujan, BMKG Imbau Warga Banten Waspada Hujan Lebat Berpotensi Merusak Rumah
(Luthfi/kontributor Via Poskota.co.id)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 19 Februari 2021 13:25 WIB

Terasjabar.id - Masyarakat di seluruh wilayah Provinsi Banten diimbau agar waspada terhadap hujan yang beberapa hari terakhir ini kemungkinan akan terjadi.

Meski hujan diprediksi berintensitas rendah, namun berpotensi mengakibatkan kerusakan rumah dan bangunan serta jarak pandang yang terbatas.

Koordinator bidang Data dan Informasi Stasiun Metereologi dan Maritim Serang Tarjono mengatakan, berdasarkan pantauan dan analisa BMKG, beberapa wilayah di Banten untuk hari ini diprediksi berpeluang hujan ringan hingga sedang.

"Hal ini dikarenakan sebagian besar wilayah Indonesia termasuk Banten sedang dalam puncak musim hujan dan pengaruh La Nina masih cukup kuat," katanya, Jumat (19/2/2021).

Tarjono menambahkan, perkiraan tersebut baik dari Lapan maupun BMKG menganalisa hal yang sama, karena sekarang memang masih puncak musim hujan.

"Iya, sama aja kedua-duanya juga, karena sekarang kan masih puncak musim hujan," ujarnya.

Menurut Tarjono, untuk daerah yang hari ini mengalami hujan dari intensitas ringan sampai sedang itu meliputi Kabupaten Serang seperti Kecamatan Tanara dan Tirtayasa.

FOLLOW JUGA : 

"Untuk wilayah Kabupaten Tangerang meliputi Kecamatan Gunung Kaler, Kresek, Sukamulya, Kronjo, Mekar Baru, Kemiri, Mauk, Rajeg, Sindang Jaya, Pasar Kemis, Cikupa, Balaraja, Tigaraksa, Curug, Kelapa Dua, Sepatan Timur, Sepatan, Sukadiri, Pakuhaji, Kosambi dan Teluk Naga," jelasnya.

Tarjono melanjutkan, sedangkan untuk wilayah Kota Tangerang meliputi Kecamatan Karang Tengah, Cipondoh, Batu Ceper, Benda, Neglasari, Karawaci, Tangerang, Pinang, Cibodas, Jatiuwung dan Periuk.

"Daerah-daerah di atas diprediksi akan terjadi hujan lebat kategori 4, sementara untuk daerah yang berpotensi hujan lebat kategori 2 yakni Kota Serang yang meliputi Kecamatan Taktakan, Cipocok Jaya, Serang, Kasemen, Walantaka dan Curug," ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, daerah Kabupaten Serang juga mengalami hal yang sama seperti daerah Mancak, Anyer, Gunung Sari, Waringin kurung, Kramatwatu, Bojonegara, Ciruas, Kragilan dan Pabuaran.

"Selanjutnya ada beberapa wilayah di Kota Cilegon seperti Kecamatan Ciwandan, Cilegon, Cibeber, Jombang, Purwakarta, Citangkil dan Grogol," jelasnya. (luthfi/kontributor/tha)

Disadur dari Poskota.co.id

Pandemi Covid-19 Prokes BMKG Hujan Deras Provinsi Banten


Loading...