Advertisement

Selalu Siaga di Musim Penghujan, Operator Pintu Air Manggarai Rela Gak Pulang Berhari-hari

Selalu Siaga di Musim Penghujan, Operator Pintu Air Manggarai Rela Gak Pulang Berhari-hari
(cr02 : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 19 Februari 2021 13:10 WIB

Terasjabar.id –  Tiap pekerjaan tentu memiliki suka dan duka tersendiri. Termasuk profesi sebagai operator pintu air yang mesti selalu siaga terlebih lagi kala musim hujan seperti sekarang.

Karlian Seka (25), pemuda yang telah bekerja sebagai operator Pintu Air Manggarai selama kurang lebih empat tahun itu menyatakan, pekerjaannya sebagai operator pintu air cukup menantang.

Apalagi saat musim hujan tiba, ia mesti selalu siap siaga membuka, menutup, dan mencatat ketinggian air. Hal ini penting sebagai tanda awal apakah berpotensi banjir atau tidak.

FOLLOW JUGA : 

"Ketika musim hujan itu kita mesti siap karena tuntutan bagi kami di sini seandainya emergency (darurat). Harus tetap stand by atau bantu-bantu yang lain seperti 
buka pintu air atau tutup pintu air ya kan dan melaporkannya ke PU2," katanya saat ditemui Poskota.co.id di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (19/02/2021).

Bila kondisinya darurat sekali, seperti ada  air kiriman dari Bendungan Katulampa Bogor, maka Seka bisa tak pulang selama beberapa hari.

"Kita juga mesti siap pulang beberapa hari kemudian, paling lama saya mengalami itu tahun lalu selama delapan hari baru pulang,” jelasnya.

Dari hal itu, kerinduan pada keluarga tentu ada, namun profesionalitas pun mesti dijaga, "Mereka sudah tahu pekerjaan kita seperti ini, mereka ikhlas, kalau kangen pasti ada," ungkapnya.

Ia pun mengaku nyaman bekerja sebagai operator pintu air, hal ini karena adanya rasa kekeluargaan.

"Suka dukanya di sini kita bawa happy, kerja sama tim, kekeluargaan, itu yang bikin saya salut. Bisa menutupi (kekurangan ) satu sama lain," pungkasnya. (CR02/tri)

Disadur dari Poskota.co.id

Pandemi Covid-19 Prokes Musim Hujan Operator Pintu Air Pintu Air Manggarai


Loading...