Advertisement

Hujan Mengguyur Wilayah Bogor Sejak Dini Hari, TMA Bendung Katulampa Naik

Hujan Mengguyur Wilayah Bogor Sejak Dini Hari, TMA Bendung Katulampa Naik
(ANTARA/Arif Firmansyah : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 19 Februari 2021 13:06 WIB

Terasjabar.id -- Hujan yang mengguyur wilayah Bogor sejak dini hari menyebabkan tinggi muka air (TMA) di Bendungan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor naik. Bahkan, air sempat mencapai ketinggian 100 centimeter atau siaga 3. 

"Sejak pagi air naik, jam 08.40 WIB sudah 100 centimeter dengan status siaga 3. Tapi jam 10.00 WIB berangsur turun jadi 70 centimeter," kata penjaga Bendungan Katulampa, Muhamad Alwan, Jumat (19/2).

Lebih lanjut, Alwan memperkirakan jika wilayah hulu masih diguyur hujan, maka kemungkinan TMA masih bisa kembali naik. "Kita terus monitor dari hulu sampai ke Jakarta. Karena kalau di atas hujan, debit air pasti naik," ujarnya.

FOLLOW JUGA : 

Terpisah, Kepala BMKG Pos Citeko Bogor, Fatuhri Syabani, mengatakan status siaga bencana sudah dikeluarkan oleh BMKG pusat kepada beberapa wilayah di Jawa Barat dan Kota Bogor termasuk didalamnya. Status siaga bencana ini dikeluarkan sejak hari ini dan berlaku hingga besok. 

Sedangkan untuk wilayahnya, terdapat 13 kota atau kabupaten di Jawa Barat yang diminta untuk bersiaga.  "Jadi status siaga bencana sudah dikeluarkan untuk dua hari. Yaitu hari ini dan besok," kata Fatuhri.

Selain itu, lanjutnya, juga terdapat fenomena cuaca ekstrem. Disertai dengan fenomena atmosfer di Pasifik yang disebut La Nina yang masih mendominasi. Sehingga, kondisi cuaca ekstrem juga semakin berbahaya.

"Beberapa fenomena ini memang kerap terjadi di wilayah Indonesia terutama saat musim hujan. Namun jika fenomena ini tergabung dan terjadi termasuk jarang dan jika terjadi bersamaan bisa saling memperkuat peluang terjadinya cuaca ekstrem," ujarnya.

Disadur dair Republika.co.id

Hujan Deras Bogor Pandemi Covid-19 TMA Bendungan Katulampa


Loading...