Advertisement

Berikut Beberapa Manfaat Jus Wortel, Berikut Faktanya

Berikut Beberapa Manfaat Jus Wortel, Berikut Faktanya
Ilustrasi (WeCare.id : Google)
Editor: Epenz Life Style —Jumat, 19 Februari 2021 08:25 WIB

Terasjabar.id - Jus wortel diekstrak dari wortel utuh dan kaya akan nutrisi. Bukan hanya vitamin A yang kita ketahui, wortel juga sarat vitamin C.

Minum jus wortel dapat meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan mata serta kulit. Berikut adalah manfaat jus wortel untuk kesehatan, seperti dikutip dari Healthline.

1. Tinggi Nutrisi
Jus wortel rendah kalori dan karbohidrat. Dalam 240 ml jus wortel mengandung:
• Kalori: 96
• Protein: 2 grams
• Lemak: kurang dari 1 gram
• Karbohidrat: 22 grams
• Gula: 9 grams
• Serat: 2 grams
• Vitamin A : 255% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
• Vitamin C: 23% dari AKG
• Vitamin K: 31% dari AKG
• Potassium: 15% dari AKG

Beta karoten yang terkandung dalam jus wortel bertanggung jawab pada warna oranye yang ada pada wortel. Tubuh mengubahnya menjadi antioksidan vitamin A.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata
Jus wortel mengandung nutrisi tinggi yang bisa menjaga indera penglihatan. Dalam 250 ml jus wortel terdiri dari 250% AKG vitamin A, kebanyakan dalam bentuk provitamin A. Vitamin A vital untuk kesehatan mata. Beberapa studi menghubungkan asupan buah dan sayur yang mengandung provitamin A, dapat menurunkan risiko kebutaan dan masalah pada mata karena faktor usia.

3. Tingkatkan Imunitas
Baik vitamin A dan C yang ditemukan pada jus wortel bertindak sebagai antioksidan dan melindungi sel imun dari kerusakan radikal bebas. Jus ini kaya akan sumber vitamin B6, menyediakan lebih dari 30% dari AKG dalam 240 ml. Tidak hanya vitamin B6 baik untuk imunitas, kekurangan vitamin B6 juga dapat menurunkan imunitas.


4. Efek Antikanker
Beta karoten, polyacetylenes, beta carotene, dan lutein dari jus wortel dapat berperan efektif untuk melawan sel leukemia. Sebuah studi menemukan, mengobati sel leukemia dengan ekstrak jus wortel selama 72 jam, dapat mematikan sel kanker dan menyetop pertumbuhan sel kanker.

FOLLOW JUGA : 



5. Kontrol Gula Darah
Meminum jus wortel meski dalam jumlah sedikit dapat menurunkan gula darah. Studi ini dilakukan pada tikus dengan diabetes tipe 2 yang menunjukkan jus wortel fermentasi menurunkan gula darah.

6. Dorong Kesehatan Kulit
Nutrisi di jus wortel dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Dalam 250 ml jus wortel menyediakan 20% dari AKG vitamin C. Vitamin larut dalam air ini adalah nutrisi penting untuk produksi kolagen. Zat ini penting untuk tubuh dan menyediakan elastisitas kulit sekaligus melindungi kulit. Vitamin C berperan sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas.


7. Tingkatkan Kesehatan Jantung
Jus wortel bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Jus wortel sumber potassium, mineral yang memainkan peranan penting dalam mengatur tekanan darah. Diet tinggi potassium dapat memproteksi tubuh dari hipertensi dan stroke. Studi tiga bulan pada 17 orang dewasa dengan kolesterol dan trigliserida tinggi menemukan bahwa minum dua cangkir jus wortel (480 ml) per hari dapat meningkatkan antioksidan dalam darah dan menurunkan oksidasi lemak darah yang bisa berujung penyakit jantung.

8. Melindungi Hati
Karotenoid dalam jus wortel dapat meningkatkan kesehatan hati. Beberapa studi mengindikasi bahwa antiperadangan dan antioksidan efek lada karotenoid dapat memproteksi terhadap penyakit perlemakan hati non-alkoholik (NAFLD). NAFLD terjadi ketika lemak pada hati berakumulasi sebagai akibat pola makan tidak sehat, berat badan berlebih, atau obesitas.

Disadur dari Sindonews.com 

wortel Jus Manfaat Nutrisi


Loading...