Advertisement

98 Persen RT di Gunungkidul Masuk Zona Hijau, Agenda Hajatan Warga Bisa Dilakukan Dengan Prokes yang Ketat

98 Persen RT di Gunungkidul Masuk Zona Hijau, Agenda Hajatan Warga Bisa Dilakukan Dengan Prokes yang Ketat
Ilustrasi (Jatengprov.co.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 18 Februari 2021 13:02 WIB

Terasjabar.id - Dinas Kesehatan Gunungkidul merilis peta zona untuk COVID-19. Dari 6.919 RT di Gunungkidul, 98 persen diantaranya masuk zona hijau atau aman dari COVID-19. Dengan demikian agenda hajatan warga bisa dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Nyaris semua hijau untuk Gunungkidul ya jangan ada beberapa yang masuk zona kuning," terang Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawati kepada MNC Portal Indonesia (MPI) Kamis (18/2/2021).

Dijelaskannya, secara detail zona hijau meliputi 6.786 RT kemudian 132 RT masuk kategori zona kuning. Meski demikian pihaknya berharap masyarakat tetap waspada. Jangan sampai justru lengah dan membuat kerumunan yang rawan menimbulkanklaster COVID-19." Jumlah penambahan juga turun. Namun ini sementara karena akan kita evaluasi setiap minggu. Mudah-mudahan ke depan semuanya masuk zona hijau, " tandasnya.

FOLLOW JUGA : 



Namun demikian pihaknya masih belum bisa memastikan tidak ada perubahan status zona COVID-19 tersebut. Semua tergantung pada jumlah warga yang terpapar. "Semua harus waspada dan sebisa mungkin mencegah dan menjaga. Kalau tidak penting ya di rumah saja. Hindari kerumunan, pakai masker baik di rumah maupun bepergian ," ulasnya. 


Ketika disinggung hajatan warga, Dewi kembali mengingatkan prokes ketat. Artinya selama menghadiri hajatan wajib memakai masker tidak salaman, dan ada proses pengecekan suhu serta cuci tangan. Selain itu , juga dilarang agenda makan secara prasmanan di acara hajatan. "Semua harus dibungkus tidak makan di lokasi. Kalau dilanggar ya dibubarkan petugas ," tandasnya.

Disadur dari Sindonews.com 

Dinkes Gunungkidul Pandemi Covid-19 Zona Hijau Prokes


Loading...