Advertisement

RESMI ! MA Vonis Mati Aulia Kesuma yang Bunuh Suami-Anak Tiri

RESMI ! MA Vonis Mati Aulia Kesuma yang Bunuh Suami-Anak Tiri
Detik News
Editor: Malda Hot News —Kamis, 18 Februari 2021 12:35 WIB

Terasjabar.id

Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan kasasi Aulia Kesuma sehingga tetap dihukum mati karena membunuh suami dan anak tiri. Selain Aulia, dihukum pula Geovanni dengan hukuman mati dan lima orang lainnya dengan hukuman beragam.

Kasus ini bermula saat Aulia terlilit banyak utang yang jumlahnya mencapai miliaran rupiah. Aulia meminta suaminya Pupung menjual rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Namun Pupung tidak menyetujui hal itu. Karena merasa jengkel, mulai lah Aulia menyusun strategi untuk membunuh Pupung beserta anak tirinya Dana. Dengan maksud jika Pupung terbunuh otomatis hartanya untuk Aulia.


Rencana pembunuhan itu disusun bersama Geovanni, Kusumawanto alias Agus, Muhammad Nursahid alias Sugeng, Karsini alias Tini, Rody Saputra dan Supriyanto.

Usai dibunuh, kedua jenazah dibuang di Jalan Raya Cidahu, Desa Pondokkaso Tengah, Sukabumi, Jawa Barat. Jenazah terlebih dahulu dibakar dengan maksud menyamarkan jejak.

Belakangan, kasus ini terungkap dan para pelaku diproses. Mereka diadili di PN Jaksel dalam berkas terpisah.

Pada 15 Juni 2020, PN Jaksel menjatuhkan hukuman mati bagi Aulia dan Geovanni karena terbukti melakukan kejahatan pembunuhan berencana. Vonis mati itu dikuatkan Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta pada 18 Agustus 2020.

Polisi gelar rekonstruksi lanjutan kasus pembunuhan Pupung-Dana. Rekonstruksi lanjutan ini untuk memperagakan adegan tersangka membakar jasad kedua korban.Polisi gelar rekonstruksi lanjutan kasus pembunuhan Pupung-Dana. Rekonstruksi lanjutan ini untuk memperagakan adegan tersangka membakar jasad kedua korban. (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)

Aulia dan Geovanni tidak terima divonis mati dan mengajukan kasasi. Apa kata MA?

"Tolak," demikian bunyi putusan singkat MA yang dilansir di websitenya, Kamis (18/2/2021).

Duduk sebagai ketua majelis Andi Samsan Nganro dengan anggota Eddy Army dan Gazalba Saleh. Putusan itu diketok pada 3 Februari dengan panitera pengganti Prasetio Nugroho.

Kusmawanti dan Muhammad Nursahid yang dihukum penjara seumur hidup juga mengajukan kasasi. Tapi MA menolaknya. Demikian juga dengan Karsini alias Tini, Rody Saputra dan Supriyanto. Permohonan kasasi ketiganya ditolak MA.

Berikut daftar hukuman ke komplotan pembunuh biadab tersebut:

1. Aulia dihukum mati. Sebagai istri Pupung, Aulia yang mengotaki pembunuhan.
2. Geovanni, dihukum mati. Bersama Aulia, Geovanni menjadi otak kejahatan itu.
3. Kusumawanto alias Agus, dihukum penjara seumur hidup. Peran Agus sebagai eksekutor, yang menghabisi nyawa Pupung-Dana.
4. Muhammad Nursahid alias Sugeng, dihukum penjara seumur hidup. Peran Sugeng sebagai eksekutor bersama Agus, yang menghabisi nyawa Pupung-Dana.
5. Tini, dihukum 10 tahun penjara. Tini adalah mantan pembantu di rumah Aulia. Ia diminta bantuan oleh Aulia mencari dukung santet untuk membunuh Pupung.
6. Rody dihukum 14 tahun penjara. Rody adalah suami Tini. Rody menjadi tim lapangan mencari eksekutor hingga dukun santet.
7. Supri dihukum 12 tahun penjara. Supri berjaga mengawasi situasi rumah Pupung saat terjadinya eksekusi pembunuhan(Detik.com)

Aulia Kesuma Pembunuhan Ayah Anak Jakarta Selatan Hukuman Mati


Loading...