Advertisement

Meresmikan Bendungan Tapin di Kalsel, 'Ini Mampu Kurangi Banjir Secara Drastis' Ujar Presiden Jokowi

Meresmikan Bendungan Tapin di Kalsel, 'Ini Mampu Kurangi Banjir Secara Drastis' Ujar Presiden Jokowi
(TANGKAPAN LAYAR/SINDOnews/DITA ANGGA : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 18 Februari 2021 11:53 WIB

Terasjabar.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Tapin di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (18/2/2021). Peresmian ini dilakukan Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke Kalsel pagi tadi.

"Dan dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim hari ini saya resmikan Bendungan Tapin di Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan," ucap Jokowi, Kamis (18/2/2021).

Jokowi mengaku bersyukur bahwa setelah lima tahun pembangunan, bendungan ini akhirnya selesai. Pembangunan bendungan ini menghabiskan anggaran hampir Rp1 triliun.

"Alhamdulillah pada pagi hari ini di Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan. Bendungan ini dibangun lima tahun yang lalu, 2015 dan telah selesai. Menghabiskan anggaran Rp986 miliar. Hampir 1 triliun,” ungkapnya.

Resmikan Bendungan Tapin, Jokowi: Ini Mampu Kurangi Banjir Secara Drastis


Jokowi mengatakan, bendungan ini memiliki kapasitas 56,7 juta meter kubik air. Perannya sangat penting dalam pengendalian banjir.
Selain itu, keberadaan Bendungan Tapin juga memperkuat ketahanan pangan karena bisa menyediakan irigasi untuk 5.472 hektare. Termasuk juga menyediakan air baku 0,5 meter kubik per detik serta menghasilkan tenaga listrik 3,3 megawatt.

FOLLOW JUGA : 


"Jadi Pak Gub juga menyampaikan bahwa karena ada ya Bendungan Tapin ini banjir di Kabupaten Tapin bisa dikurangin sangat drastis sekali. Hanya kecil sekali daerah yang terkena banjir. Karena Tapin memiliki bendungan ini," ujarnya.

"Pak Bupati betul Pak? Inilah fungsi bendungan. Selain mengairi sawah, selain untuk menghasilkan listrik, selain untuk air baku, juga dalam rangka pengendalian banjir," katanya.

Disadur dari Sindonews.com 

Presiden Jokowi Kalsel Bendungan Tapin Pandemi Covid-19 Musim Hujan Banjir


Loading...