Advertisement

Forkopimda Jakpus Lepas 12 Ribu Relawan Pengawas Prokes Tingkat RT

Forkopimda Jakpus Lepas 12 Ribu Relawan Pengawas Prokes Tingkat RT
Detik News
Editor: Malda Hot News —Kamis, 18 Februari 2021 11:33 WIB

Terasjabar.id - 

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jakarta Pusat membentuk relawan protokol kesehatan COVID-19 hingga ke tingkat RT. Total, ada 12 ribu relawan yang dilibatkan untuk meningkatkan protokol kesehatan di masyarakat, khususnya wilayah Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi menyampaikan berdasarkan penelitian yang ada, penyebaran virus Corona meningkat seiring dengan menurunnya tingkat kedisiplinan masyarakat.

"Oleh karenanya, kita dari level terbawah di RT harus kuat dalam protokol kesehatan. Kita usulkan untuk membentuk relawan protokol kesehatan di tingkat RT. Hampir 12 ribu lebih (relawan yang dibentuk)," ujar Hengki seusai Apel 3 Pilar Bersama Relawan RT Pengawas Protokol Kesehatan Jakpus di Kemayoran, Jakpus, Kamis (18/2/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0501 Jakarta Pusat Kolonel Inf Luqman Arif menyampaikan tidak ada zona oranye atau merah di Jakpus. Namun begitu, tingkat kedisiplinan masyarakat tetap perlu dimaksimalkan.


"Di wilayah kita tidak ada merah, tidak ada oranye, dengan dibentuk relawan ini, untuk menekan lagi, untuk mendisiplinkan masyarakat. 5M ini harus dipegang teguh," ucap Luqman Arif.

Luqman berharap para relawan ini nantinya juga menegakkan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan untuk dirinya sendiri. Setalah itu, para relawan juga diharapkan dapat mendisiplinkan lingkungannya.

"(Relawan) hanya sebatas mengingatkan. Kalau yang menegakkan sudah ada petugasnya. Dia hanya mengawasi. Harapannya di wilayah komunitas ini semua terjaga," kata Luqman.

Plh Walikota Jakarta Pusat, Irwandi yang juga hadir dalam apel tersebut menerangkan pembentukan relawan di tingkat RT ini merupakan wujud kekompakan Forkopimda Jakpus dalam menekan penyebaran COVID-19 di wilayah Jakarta Pusat.

"Mudah-mudahan dengan adanya relawan yang kita kukuhkan pada hari ini, kerja kita semakin kompak dan tentu COVID-19 di Jakpus bisa ditekan dengan baik, dan tentu jumlahnya terus menurun. Targetnya bulan depan InsyaAllah bisa hijau," tutur Irwandi.

(mea/mea/Detik)

jakart Pusat Virus Corona Forkopimda


Loading...