Wapres Ma'Ruf Amin Dukung Rehabilitasi Sosial bagi Tunawisma

Wapres Ma'Ruf Amin Dukung Rehabilitasi Sosial bagi Tunawisma
(Republika/Fauziah Mursid : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 18 Februari 2021 11:20 WIB

Terasjabar.id -- Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin mendukung program Sentra Kreasi Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) yang dijalankan Kementerian Sosial RI. Wapres menilai, Sentra Kreasi ATENSI bagian upaya terpadu dan berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan dasar setiap warga negara termasuk warga negara marjinal/terlantar.

Sentra Kreasi ATENSI merupakan pusat pengembangan kewirausahaan dan vokasional serta media promosi hasil karya penerima manfaat seperti eks gelandangan, pengemis, pemulung, anak terlantar, korban PHK dan lainnya

"Saya mengapresiasi berbagai pendekatan yang dilakukan dalam upaya rehabilitasi sosial yang di inisiasi Kementerian Sosial dengan mewujudkan Sentra Kreasi ATENSI bagi eks pemulung dan tuna wisma," kata Ma'ruf saat meresmikan Sentra Kreasi Atensi di Balai Karya Pangudi Luhur, Bekasi milik Kementerian Sosial RI, Kamis (18/2).

Wapres mengatakan, negara mempunyai tanggung jawab atas penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19 yang berdampak ke semua sektor mulai kesehatan, sosial ekonomi dan bidang kehidupan lainnya.

Meskipun Pemerintah, menggulirkan beberapa bantuan jaminan sosial, namun ketiadaan akses administrasi kependudukan mengakibatkan eks pemulung dan tuna wisma kesulitan mendapatkan berbagai bantuan dan jaminan sosial dari pemerintah tersebut. Karena itu, Wapres berharap program ATENSI untuk tuna sosial dapat menjadi salah satu program strategis untuk mengentaskan kemiskinan kelompok masyarakat termiskin dan termarjinal.

FOLLOW JUGA : 



"Program ATENSI dapat menjadi salah satu program strategis untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem yang termiskin dan termarjinal dari layanan sosial dasar, akibat kesulitan akses administrasi kependudukan," ungkapnya.

Sebab, di dalamnya mencakup kegiatan pemberdayaan mulai dari kuliner, pertanian hidroponik, peternakan ayam petelur, kerajinan tangan dan daur ulang sampah non organik menjadi barang bermanfaat bagi masyarakat, serta pemberdayaan jasa layanan refleksi, salon kecantikan dan konveksi.

Apalagi, Ma'ruf mendapat laporan jika program serupa dilaksanakan di lima kabupaten/kota lainnya dengan target penerima manfaat sebanyak 9.000 orang.

"Saya yakin Program ATENSI bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya mereka yang terdampak Covid-19 secara sosial dan ekonomi dan umumnya untuk warga masyarakat yang termarjinal/ terlantar secara berkelanjutan," katanya.

Tak hanya itu, Wapres mengapresiasi pemberian kesempatan kerja bagi eks pemulung dan tuna wisma di perusahaan-perusahaan BUMN. Wapres berharap program penempatan kerja ini selayaknya dapat menjadi contoh dan diikuti oleh tidak hanya perusahaan swasta, tetapi juga oleh BUMN-BUMN lainnya.

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf Amin mengunjungi beberapa Sentra Kreasi ATENSI sebelum meninjau rencana pembangunan rusunawa bagi eks pemulung dan tuna wisma.

Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam laporannya menyampaikan pembangunan Rusunawa untuk tempat tinggal bagi eks pemulung dan tuna wisma. Sebab, salah satu dampak sosial yang terjadi akibat pandemi Covid-19 adalah banyak masyarakat yang kehilangan tempat tinggalnya.

"Masalah ini kami berikan solusinya dengan membuat Rusunawa untuk tempat tinggal para eks pemulung dan tuna wisma, serta membuka lapangan kerja melalui Sentra Kreasi ATENSI," tutur Risma.

Rusunawa ini akan dibangun di 2 lokasi, yaitu Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi dan Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Bambu Apus Jakarta milik Kemensos. Bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kemensos akan membangun 2 Tower Rusunawa masing-masing 5 lantai dengan daya tampung 100 warga telantar dan kelompok rentan.

Kedepan, Risma mengatakan, rusunwa juga akan dibangun di beberapa Balai Rehsos, yaitu Balai di Solo, Medan, Makassar dan Tanjung Pinang pada tahun 2022 serta Balai di Bandung, Palembang, Denpasar dan Kupang pada tahun 2023.

Peresmian Sentra Kreasi ATENSI ini dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pejabat Kementerian Dalam Negeri, Para Pejabat Eselon I Kemensos RI, Direktur Utama PT. PP Properti, PT. Waskita Karya (Persero) Tbk, PT. Elang Mahkota Teknologi, PT. Kamadjaja Logistics, PT. Otsindo Prima Raya, Ketua Cortezian Indonesia dan Para Ketua LKS.

Disadur dari Republika.co.id

ATENSI Pandemi Covid-19 Kemensos RI Wapres Ma'ruf Amin


Loading...