Advertisement

ODGJ Bandung Barat yang Dipasung Keluarga Akhirnya Dirujuk ke RSJ Cisarua

ODGJ Bandung Barat yang Dipasung Keluarga Akhirnya Dirujuk ke RSJ Cisarua
Detik News
Editor: Malda Berita Viral —Kamis, 18 Februari 2021 11:04 WIB

Terasjabar.id 

Bunbun Bunyamin (50), warga Kampung Pasirkihiang, RT 03/12, Desa Sindangkerta, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Cisarua.

Bunbun yang menderita gangguan kejiwaan sejak usia 19 tahun hingga akhirnya dipasung keluarga karena mengancam keselamatan dirujuk ke RSJ Cisarua pada Kamis (18/2/2021) pagi.

"Hari ini dia kita rujuk ke RSJ Cisarua untuk menjalani tindaklanjut penanganan pengobatannya," ungkap Pengelola Program Jiwa Puskesmas Sindangkerta Yadi Arifyana saat dihubungi detikcom.


Sebelum menjalani perawatan Bunbun bakal menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan termasuk menjalani rapid test COVID-19.

"Sudah kita cek juga kondisinya, dan Alhamdulillah sehat. Nanti akan menjalani rapid test juga di sana, sebagai antisipasi penyebaran COVID-19," terangnya.

Namun pihaknya belum mengetahui berapa lama Bunbun bakal menjalani perawatan di RSJ Cisarua. Hal itu bergantung pada hasil pemeriksaan kondisi kesehatan kejiwaan Bunbun.

"Kalau berapa lamanya menjalani perawatan kita tidak tahu, karena yang bisa menentukan itu dokter RSJ. Tergantung hasil pemeriksaan dan perkembangan kondisinya," tuturnya.

Bunbun baru bisa dirujuk ke RSJ Cisarua lantaran ketersediaan ruangan di RSJ Cisarua baru tersedia hari ini. Hal itu mengingat selama pandemi COVID-19, arus keluar masuk pasien gangguan jiwa cukup dibatasi secara ketat.

"Baru hari ini adanya, karena memang selama pandemi ini agak susah juga dapat ruang kosong di sana," jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Sindangkerta Eli mengatakan jika keluarga sudah sepakat untuk membawa Bunbun dirawat di RSJ Cisarua. Pihaknya juga sudah mengklarifikasi terkait informasi dugaan pembiaran pemasungan terhadap Bunbun.

"Sudah dibawa oleh Puskesmas didampingi Babinsa hari ini. Soal pemasungan juga sudah diklarifikasi, itu hanya miskomunikasi saja," kata Eli.

(mso/mso/Detik)

ODGJ Viral Bandung Barat RSJ Cisarua


Loading...