Advertisement

Rumah Hj Hani Terbakar Akibat Arus Pendek Listrik

Rumah Hj Hani Terbakar Akibat Arus Pendek Listrik
Editor: Epenz Teras Kuningan —Rabu, 17 Februari 2021 15:07 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Rumah milik Nenek Hj.Hani (65 ) salah seorang Pedagang di Dusun 1 Rt 5, Rw 2 Desa Panyosogan Luragung Kuningan terbakar, diduga akibat arus pendek listrik, Rabu (17/02/2021).

Menurut saksi mata Aah pemilik warung depan rumah TKP, kebakaran itu terjadi pukul 10.00 WIB. Sebelumnya terlihat kepulan asap dari kamar depan Hj Hani.


Kemudian makin lama asap dimaksud menimbulkan Api yang membesar di dalam kamar dan merambat ke bangunan atap plafon rumah. Saksi kemudian memberitahukan kebakaran tersebut dan meminta bantuan warga sekitar. Dengan bergotong royong dan menggunakan peralatan seadanya, warga berusaha memadamkan api dan mengeluarkan barang -barang dari dalam rumah. Nampak api sangat besar dan Khawatir api akan merambat ke bangunan lainnya, karena lokasi berada di pemukiman padat penduduk.

Pada pukul 10.30 wib ( 20 menit setelah kejadian awal kebakaran) kanit Intel Polsek Luragung an.AIPTU Panji Lukita (indra) melaporkan kejadian kebakaran ke kantor UPT DAMKAR SATPOL PP KAB. KUNINGAN pada pukul 10.35 wib 6 anggota damkar dari regu 2 (piket) dan 1 unit Randis menuju lokasi, Saat tiba dilokasi kebakaran, api masih menyala, dan masih menyisakan bara api diatap plapon rumah serta sulit dijangkau oleh peralatan manual, bersama warga setempat, Anggota Polsek Luragung, anggota koramil Luragung,api baru bisa dipadamkan pada pukul 11.30 WIB.

Gambar

Penyebab kebakaran, sementara diduga dari arus pendek listrik. Kondisi rumah sedang ditinggal pemilik rumah, listrik dirumah dalam keadaan menyala. diduga berasal dari konsleting listrik/lampu dikamar depan meledak /pecah, dan pecahan bola lampu mengenai kasur dan barang-barang lainnya didalam kamar, sehingga terjadi kebakaran.

Kerugian diperkirakan :
- luas bangunan total rumah 30 x 15 = 459 m², dan yang terbakar seluas 5 x 5 = 25 m²( atap bagian kamar depan) x @ Rp. 1.000.000/ m² = Rp.25.000.000
- Kasur, 2 Lemari, Etalase dll +- Rp. 6.000.000
-1 buah Laptop -+ Rp. 4.000.000
TOTAL KERUGIAN : 35.000.000

Kepala UPT Damkar Satpol Kuningan Mh.Khadafi Mufti, S.Pd,M.Si. disela giat pemadaman, menghimbau warga masyarakat agar waspada terhadap potensi bahaya kebakaran yang diakibatkan dari pembakaran arus pendek listrik (gunakan lampu yg ber SNI) , tungku, Kompor gas , konsleting listrik pada kendaraan/dirumah , gas, pembakaran sampah dan lain-lain.
Apabila terjadi kebakaran, segera laporkan ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kab.Kuningan di No (0232)871113. Layanan Gratis /tidak dipungut biaya apapun. (H Aboy)

Hj.Hani Kebakaran Arus Pendek Listrik Rumah Kabupaten Kuningan


Loading...