Advertisement

PRogram Vaksinasi Covid-19 di Tanah Abang, Setiap Jam 75 Pedagang Divaksin

PRogram Vaksinasi Covid-19 di Tanah Abang, Setiap Jam 75 Pedagang Divaksin
(SINDOnews/Yorry Farli : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 17 Februari 2021 13:18 WIB

Terasjabar.id - Penanggung Jawab Pelaksana Vaksinasi Covid-19 di Tanah Abang, Siti Nur Halimah mengatakan dalam proses vaksin Covid-19 para pedagang Pasar Tanah Abang , rata-rata setiap jam sebanyak 75 orang akan divaksin Covid-19.

“Pertama, kita melakukan pendataan. Jadi teman-teman di PD Pasar Jaya melakukan pendataan yang ada di pasar Tanah Abang ini. Jadi setelah dilakukan pendataan, mereka menggunakan Google Form seperti itu, kemudian setelah ketemu, sejauh ini ada 10.000 pedagang yang sudah terdaftar di Google Form,” ungkapnya secara virtual, Rabu (17/2/2021).

Kemudian, lanjut Siti, pihaknya juga membuat skenario titik-titik pelayanan. “Berapa titik pelayanan yang akan kita gunakan begitu ya. Kita menggunakan skenario satu titik itu 500 orang. Jadi hari ini kita membuka 3 titik-titik pelayanan di mana 1 titik 500 orang, sehingga hari ini kita targetkan 1.500 orang yang divaksin,” katanya.

Menurut Siti, dengan skenario tersebut, maka dalam satu jam sebanyak 75 orang bisa divaksin Covid-19. “Jam pelayanannya kita lakukan dari jam 8 sampai jam 16, diselingi istirahat jadi ada 7 jam pelayanan. Nah, kita coba bagi 500 orang itu dibagi dalam 2 jam, berarti dalam 1 jam kita rata-rata akan memvaksin 75 orang,” ujar.

FOLLOW JUGA :

Siti menuturkan, untuk memudahkan proses vaksinasi para pedagang, pihaknya juga memberlakukan sistem kupon. “Karena ini targetnya adalah pedagang ya, yang orangnya juga kompleks, untuk memudahkan kita membuat kupon. Dimana kupon itu kita bikin tujuh warna gitu ya untuk memudahkan,” tuturnya.

“Dalam kupon itu kita sudah tulis lokasi dan jamnya. Nah tiap titik, setiap jamnya kita membuat 75 kupon sehingga misalnya untuk jam 8 sampai jam 9 kita bikin 75 kupon, kita tulis lokasi dan jamnya,” sambungnya. 

Nah, kupon itu kata Siti, diberikan kepada pedagang yang sudah terdata. “Jadi mereka tinggal datang kemudian di meja nol, sebelum meja satu, ada petugas dari Pasar Jaya yang memverifikasi. Apakah benar dia pedagang di Tanah Abang karena sudah ada di database.”

“Nah sesudah dia menunjukkan kupon kemudian namanya ditemukan didatabase, kemudian diberikan nomor antrean. Baru dia masuk ke ruang tunggu. Di ruang tunggu kita siapkan 25 kursi. Untuk skenario 500 tadi ya,” papar Siti.

Setelah di ruang tunggu, kemudian masuk ke ruang pelayanan. “Mulai dari pendaftaran, skrining sampai vaksinasi. Itu di ruang observasi kita siapkan 50 kursi untuk dilakukan observasi selama 30 menit. Kemudian di meja 4 kita siapkan masing-masing 10 petugas di situ,” terangnya.

“Nah, untuk memudahkan orang yang divaksin kita membuat dalam satu raw. Jadi itu mulai dari pendaftaran, kemudian skrining, kemudian vaksinasi itu dalam satu garis. Jadi mereka enak mendapat pelayanannya,” ucap Siti.

Disadur dari Sindonews.com 

Program Vaksinasi Pandemi Covid-19 Pasar Tanah Abang Pedagang


Loading...