Pembentukan Kabupaten Indramayu Barat Kian Dekat, Tinggal Satu Tahapan Lagi

Pembentukan Kabupaten Indramayu Barat Kian Dekat, Tinggal Satu Tahapan Lagi
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Rabu, 17 Februari 2021 12:35 WIB

Terasjabar.id - Langkah Indramayu Barat menjadi kabupaten baru semakin dekat.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mengusulkan persetujuan bersama pembentukan Kabupaten Bogor Timur dan Kabupaten Indramayu Barat.

Usulan tersebut disampaikan kepada Ketua DPRD Jawa Barat melalui surat nomor 373/OD.04.02/PEM.PTDA per tanggal 22 Januari 2021.

Adanya usulan ini pun disambut baik oleh Ketua Panitia Pembentukan Kabupaten Indramayu Barat (PPKIB), Sukamto

Sukamto berharap, keinginan masyarakat di Indramayu bagian barat untuk menjadi kabupaten baru bisa segera terwujud.

"Sekarang satu tahapan lagi, keputusan Mendagri, itu urusan Gubernur," ujar dia melalui sambungan seluler kepada Tribuncirebon.com, Rabu (17/2/2021).

Dalam surat tersebut, Ridwan Kamil menyampaikan, usulan ini guna menindaklanjuti aspirasi pembentukan atau pemekaran daerah di Jawa Barat.

Selain itu, lanjut Ridwan Kamil, usulan ini juga untuk mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Barat tahun 2018-2023.

Sehingga pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah telah menerima dua usulan dari daerah induk untuk pembentukan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB).

Dua daerah induk itu juga sudah melampirkan persyaratan dasar kewilayahan dan administrasi yang telah disesuaikan dengan persyaratan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014.

Yakni, CDPOB Kabupaten Bogor Timur dan CDPOB Kabupaten Indramayu Barat.

"Sehubungan hal tersebut, kami sampaikan usulan kedua daerah dimaksud untuk dilakukan pembahasan di DPRD Provinsi Jawa Barat sebagai dasar persetujuan bersama pembentukan CDPOB Kabupaten Bogor Timur dan Indramayu Barat antara Ketua DPRD Provinsi dengan Gubernur untuk melengkapi persyaratan administrasi pengusulan kepada pemerintah," ujar dia.(Tribunjabar.id)



Viral Kab Indramayu Sukamto Bogor Timur


Loading...