Advertisement

Ombudsman Periksa Pejabat Dinkes DKI secara Daring Terkait Vaksin untuk Helena Liem

Ombudsman Periksa Pejabat Dinkes DKI secara Daring Terkait Vaksin untuk Helena Liem
(Komaruddin Bagja Arjawinangun/SINDOnews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 17 Februari 2021 11:25 WIB

Terasjabar.id - Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya tengah memeriksa pejabat Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta terkait viralnya vaksinasi Covid-19 yang diberikan kepada selebgram Helena Liem beberapa waktu lalu. Diketahui, vaksinasi tahap pertama diprioritaskan untuk para Tenaga Kesehatan.

Ketua Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya Teguh P Nugroho mengatakan, pihaknya akan memeriksa tata kelola vaksinasi di Jakarta secara keseluruhan. "Memang kemarin ada peristiwa salah satu Selebgram memposting kalau dia bisa dapat vaksin hanya dengan surat keterangan dari apotek. Kita khawatirkan ini fenomena gunung es bahwa peristiwa itu bukan hanya terjadi sekali, tapi ada potensi ini fenomena umum," kata Teguh saat dihubungi, Rabu (17/2/2021).

FOLLOW JUGA :



"Untuk itu kita akan mengecek tata kelola vaksinasi di Jakarta mulai dari perencanaannya, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, bagaimana sistemnya dibangun, bagaimana otorisasi tiap tahapan di lakukan," ujar Teguh. 


Teguh melanjutkan, ada indikasi pejabat puskesmas memberi otorisasi yang bukan pada tempatnya. Diduga, Helena mendapatkan vaksin dengan mengandalkan surat dari apotek "Padahal seperti yang diklaim pak Wagub Jakarta sudah punya sistem integrasi mulai dari pendataan calon penerima, undangan, memilih tempat, dan tiket untuk vaksinasi COVID-19. Itu yang kita cek apakah selebgram itu terdaftar sebagai nakes atau dia tiba tiba mendapatkan tiket di ujung gitu," tegasnya.

Namun, pemeriksaan yang dilakukan digelar secara daring. "Kita (pemeriksaan) pakai daring karena belum boleh memeriksa secara langsung, kita masih khawatir COVID-19," tutupnya.
Disadur dari Sindonews.com 

Ombudsman Nakes Dinkes DKI Jakarta Pandemi Covid-19 Program Vaksinasi


Loading...